Ustadz Adi Hidayat Ingatkan Jamaah Calon Haji Bersabar dan Jangan Luapkan Ketidaksukaan

Dominique Hilvy Febiani, Jurnalis · Senin 07 Juni 2021 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 07 614 2421460 ustaz-adi-hidayat-ingatkan-jamaah-calon-haji-bersabar-dan-jangan-luapkan-ketidaksukaan-KyCexxnfj7.jpg Ustadz Adi Hidayat. (Foto: Instagram)

JAKARTA - Ustadz Adi Hidayat (UAH) mengajak para jamaah calon haji yang batal berangkat pada 2021 ini  harus berlapang dada atas keputusan pemerintah. Bersabar dan berserah diri kepada Allah pada saat situasi saat ini adalah hal yang baik.

"Mengajak masyarakat, calon jamaah haji yang sejatinya berangkat tahun ini, untuk bersabar dan berserah diri kepada Allah. Karena pasti akan ada hasil terbaik dari keputusan yang ada saat ini," kata UAH dalam keterangan tertulis yang diterima dari tim UAH, Minggu (6/6/2021).

Kementerian Agama (Kemenag) telah resmi mengumumkan, pemberangkatan haji tahun 2021 urung dilaksanakan terkait pandemi virus Corona (Covid-19). Diurungkannya pemberangkatan haji 2021 juga karena pemerintah Arab Saudi belum melayangkan kepastian pelaksanaan haji bagi calon jamaah Indonesia dan persiapan teknis yang memerlukan waktu.

Baca Juga:  3 Artis Indonesia Naik Haji Diundang Raja Arab

"Mengajak masyarakat bersikap adil melihat suatu persoalan, tidak berdasarkan rasa suka atau tidak suka pada satu kelompok atau individu," ucap UAH.

UAH mengajukan usulan kepada Kemenag untuk memberikan penjelasan secara detail dan lugas untuk mengantisipasi keresahan dan kebingungan masyarakat.

"Kemenag bisa meminta fatwa kepada MUI, berdialog dengan Dubes Arab Saudi, dan menjalin komunikasi dengan pihak-pihak terkait. Jika sudah, mudah-mudahan bisa dikomunikasikan secara lebih baik kepada masyarakat secara luas," tutur UAH.

Baca Juga: SBY Bersilaturahmi kepada Pak Harto, Contoh Menghormati Pemimpin Sebelumnya

Sementara itu, pemerintah Indonesia telah melayangkan keputusan, pada tahun ini calon jamaah haji 2021 tidak akan diberangkatkan. Hal tersebut tertulis dalam Keputusan Menag Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Ibadah Haji Tahun 1442 H.

Selain itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memaparkan bahwa calon jamaah haji Indonesia tidak diberangkatkan demi keselamatan dan keamanan bersama. Mengingat kasus harian di Indonesia pada 26-31 Mei rata-rata masih di atas angka 5.000 kasus.

Dia mengatakan, kesehatan para calon jamaah merupakan hal yang paling penting terlebih lagi Corona Virus masih menjadi momok yang menakutkan di seluruh dunia.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya