Ini Dia Amalan yang Pertama Kali Dihisab di Hari Kiamat

Hantoro, Jurnalis · Rabu 09 Juni 2021 13:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 09 330 2422435 ini-dia-amalan-yang-pertama-kali-dihisab-di-hari-kiamat-LGl5svMdtd.jpg Ilustrasi amal salih. (Foto: Shutterstock)

KAUM Muslimin ketika masih berada di dunia wajib memperbanyak amal salih. Sebab, amalan tersebut akan menjadi penolong ketika hari kiamat kelak. Ketika itulah ada amalan yang pertama kali akan dihisab atau diperhitungkan.

Di hari perhitungan amal atau yaumul hisab akan terjadi setelah hari kiamat tiba. Ketika itu manusia satu per satu akan dipanggil dan diperlihatkan segala amal perbuatannya selama di dunia. Ada banyak perkara yang akan ditanyakan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala secara keseluruhan saat hari perhitungan tiba.

Baca juga: Jangan hanya Takjub, Hadirkan Rasa Takut saat Gerhana Bulan Sebagai Pengingat Tanda Kiamat 

Hisab memiliki dua pengertian menurut istilah akidah. Pertama, al 'aradh atau 'penampakan dosa dan pengakuan'. Kedua, munaqasyah atau diperiksa secara sungguh-sungguh'.

Ilustrasi sholat. (Foto: Okezone)

Dijelaskan dalam sebuah riwayat, Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda, yang artinya:

"Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah sholatnya. Maka, jika shalatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika shalatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi. Jika berkurang sedikit dari shalat wajibnya, maka Allah Ta’ala berfirman, 'Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki sholat sunah.' Maka disempurnakanlah apa yang kurang dari sholat wajibnya. Kemudian begitu pula dengan seluruh amalnya." (HR Tirmidzi, ia mengatakan hadis tersebut hasan) (HR Tirmidzi Nomor 413 dan An-Nasa’i 466. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadis ini sahih)

Baca juga: Rasa Takut Hari Kiamat Adalah Ibadah, Ustaz Firanda: Persiapkan Amal Salih 

Dikutip dari laman Rumaysho, faedah hadis ini adalah:

1. Perkara yang pertama kali akan dihisab pada hamba dari perkara ibadah pada hari kiamat adalah sholat.

2. Siapa yang mendirikan sholat, maka bagus amalnya. Siapa yang tidak bagus shalatnya, maka amalnya pasti rusak.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Allah Subhanahu wa ta'ala sangat penyayang pada hamba di mana Allah menyempurnakan amalan wajib yang ia lakukan dengan amalan sunnah sebagai penutup kekurangannya.

4. Umumnya amalan wajib akan disempurnakan dengan amalan sunah sampai bertambahlah kebaikan hingga mengalahkan kejelekan sampai masuk surga dengan rahmat Allah.

5. Hendaklah setiap orang bisa memperbanyak dan menjaga amalan sunah, bukan hanya mementingkan yang wajib.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Dalil Hari Kiamat Sudah Jelas dan Tegas, Manusia Harus Waspada 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya