Buat Pengantin Baru, Ini 3 Adab Malam Pertama yang Diajarkan Rasulullah

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 11 Juni 2021 20:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 11 330 2423674 buat-pengantin-baru-ini-3-adab-malam-pertama-yang-diajarkan-rasulullah-iqUgwnEftp.jpg Ilustrasi cincin pernikahan pengantin baru. (Foto: Shutterstock)

MALAM pertama merupakan salah satu ibadah yang dilakukan oleh pasangan pengantin. Dalam hal ini Islam pun mengatur tata cara atau adab berjimak di malam pertama, hal ini dikarenakan agar pasangan pengantin baru tersebut dapat melakukannya sesuai yang disyariatkan.

Dikutip dari buku dari buku 'Fiqih Cinta' karya Abdul Aziz Ahmad, berikut pendahuluan tentang adab malam pertama bagi pasangan pengantin baru sesuai ajaran syariat Islam.

Baca juga: Viral Pria dengan 16 Istri dan 151 Anak Siap Nikah Lagi 

1. Meletakkan tangan di atas kepada istri

Pertama, disunahkan bagi suami meletakkan tangan di atas kepada istri, lalu menyebut nama Allah Subhanahu wa ta'ala dan doa minta berkah.

Berdasarkan hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Abu Daud dan lainnya bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Jika salah satu dari kalian menikahi seorang wanita, maka peganglah ubun-ubunnya, sebutlah nama Allah Subhanahu wa ta'ala, dan berdoalah dengan doa berkah, dan ucapkan: 'Ya Allah, aku mohon kepada-Mu agar Engkau memberikan kepadaku kebaikannya dan semua kebaikan yang telah Engkau ciptakan untuknya, dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatannya dan dari semua kejahatan yang telah Engkau ciptakan pada dirinya."

Ilustrasi pasangan suami istri. (Foto: Wirestock/Freepik)

Baca juga: Pulihkan Citra Islam, Bangladesh Bangun Ratusan Masjid sebagai Pusat Keagamaan dan Belajar 

2. Sholat dua rakaat

Kedua, disunahkan sholat dua rakaat dan dilanjutkan berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dengan sanad jayyid, dari Syaqiq, ia berkata:

"Suatu ketika seorang pria yang bernama Abu Huraiz datang dan bertanya: 'Aku menikahi seorang budak wanita yang perawan, aku takut ia membenciku.' Lalu Abdullah bin Mas'ud Radhiayllahu anhu berkata: 'Cinta itu berasal dari Allah, dan kebencian itu berasal dari setan. Setan ingin kalian membenci sesuatu yang telah dihalalkan oleh Allah kepada kalian. Jika kamu menemuinya, maka perintahkan ia sholat dua rakaat di belakangmu, setelah itu ucapkan: 'Ya Allah, berkahilah aku pada keluargaku, dan berkahilah mereka kepadaku. Ya Allah, jika Engkau menyatukan kami, maka satukan kami dalam kebaikan dan jika Engkau menentukan untuk berisah, maka pisahkan kami untuk kebaikan'."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Berbuat lemah lembut

Ketiga, disunahkan bagi suami untuk memperlakukan mempelai wanita dengan lembut dan santun, dan memberikannya sesuatu untuk diminum atau dimakan.

Diriwayatkan oleh Imam Ahmad di dalam musnadnya, dari Asma‘ binti Yazid bin Sakan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Aku menghiasi Aisyah Radhiyallahu anh agar cantik dipandang. Lalu Rasulullah datang ke sisinya dengan membawa segelas besar susu. Kemudian Beliau minum, setelah itu Nabi memberikannya kepada Aisyah. Ia menundukkan kepalanya karena malu."

Baca juga: Zahid Nisar Quraishi Muslim Pertama Jabat Hakim Federal di Amerika Serikat 

Diriwayatkan oleh Tirmidzi dan An-Nasa'i dengan sanad jayyid bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik dan paling lembut kepada keluarganya."

Diriwayatkan oleh Tirmidzi bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Yang terbaik di antara kalian adalah yang terbaik kepada keluarganya, dan aku adalah yang terbaik di antara kalian kepada keluargaku."

Pada perlakuan yang lemah lembut ini akan membuatnya menurut dan menghilangkan sifat galaknya, serta akan memperkuat emosi cinta di antara keduanya. Sebab, semua yang masuk akan mengejutkan dan semua yang asing akan membuat marah.

Wallahu a'lam bishawab.

Ilustrasi pasangan suami istri. (Foto: Freepik)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya