Pilih Kambing atau Domba untuk Hewan Kurban? Yuk Ketahui Dulu Perbedaannya

Ahmad Haidir, Jurnalis · Selasa 13 Juli 2021 20:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 13 614 2440157 pilih-kambing-atau-domba-untuk-hewan-kurban-yuk-ketahui-dulu-perbedaannya-Ra1tQ3ORAY.jpg Ilustrasi hewan kurban domba. (Foto: Sam Carter/Unsplash)

MENDEKATI momentum hari raya Idul Adha, banyak masyarakat Indonesia yang ingin berkurban. Tapi ada di antara mereka masih bingung, pilih hewan kurban kambing atau domba?

Sekilas keduanya merupakan jenis hewan kurban dengan karakteristik serupa, tapi ternyata tidak sama lho. Ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok di antara keduanya, terutama dari segi daging. Ini yang kerap menjadi pertimbangan utama seseorang dalam memilih hewan kurban.

Penasaran? Langsung saja simak perbedaan antara domba dengan kambing untuk hewan kurban, sebagaimana telah MNC Portal rangkum berikut ini.

Baca juga: Mengenal Keistimewaan Domba Garut untuk Kurban 

1. Karakteristik utama

Secara fisik, kambing dan domba memiliki beberapa kemiripan. Namun ternyata kambing dan domba merupakan hewan yang berbeda secara spesies. Kambing dalam bahasa Latin disebut spesies Capra Hirpus, sementara domba disebut Ovis Aries.

Perbedaan karakteristik utama di antara keduanya selain dari tanduk dan bulu, juga dapat dilihat dari cara makan serta kebiasaan masing-masing.

Info grafis hewan kurban. (Foto: Okezone)

Kambing biasanya memakan daun-daun segar, terutama bagian pucuk daun, dan memakannya dengan posisi agak berdiri. Sementara domba makan dengan cara merumput, yaitu mencari rumput yang pendek di permukaan tanah.

Sementara secara kebiasaan, domba merupakan hewan yang lebih suka hidup berkelompok dan mudah gelisah jikalau terpisah dengan kawanannya. Berbeda dengan kambing yang cenderung lebih mandiri.

Baca juga: Jelang Idul Adha, Stok Hewan Kurban di Jateng Dipastikan Cukup 

2. Perbedaan daging domba dan kambing

Selanjutnya daging menjadi sesuatu yang membedakan di antara keduanya. Tidak jarang perbedaan tersebut menjadi pertimbangan sebelum menentukannya sebagai hewan kurban.

Secara karakteristik, perbedaan daging domba kambing terletak pada tektstur, cara pengolahan, hingga kandungan nutrisinya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

- Daging domba

Secara tekstur, daging domba jauh lebih berlemak ketimbang kambing, yang hampir tidak ada lemaknya. Lemak tersebut yang menjadi daya tarik tersendiri dari pemilihan domba sebagai hewan kurban.

Perbedaan daging antara domba yang satu domba dengan lainnya terletak pada usianya. Makin tua domba, maka makin pucat warna dagingnya.

Daging domba muda enak dibakar, dipanggang, atau ditumis. Untuk potongan daging yang paling berlemak, seperti daging di bagian pundak, harus dimasak lama.

Untuk daging "mutton" atau domba tua yang berusia di atas 2 tahun, cara memasak idealnya adalah agak lama atau dikukus agar lembut.

Baca juga: Presiden Jokowi Sumbang Sapi Kurban Seberat 923 Kg untuk Masyarakat Kubu Raya 

- Daging kambing

Kalau daging domba dibedakan dari usianya, perbedaan utama daging kambing justru terletak dari cara perawatannya, yaitu apakah kambing tersebut dikebiri atau tidak.

Daging kambing yang dikebiri di usia 6 sampai 9 bulan bertekstur lebih lembut dan ringan. Sementara kambing yang tidak dikebiri cenderung memiliki tekstur daging lebih alot serta lebih bau.

Secara teknis memasak, api kecil dan proses memasak yang lama cocok untuk menjaga kelembapan daging kambing. Daging kambing yang lebih lembut dan sedikit lemak pun cocok dipanggang atau dibakar, misalnya untuk jadi sate.

Daging kambing mengandung kalori, lemak, dan kolesterol yang lebih rendah dari semua daging hewan ternak. Sebuah fakta yang sedikit berbeda dengan asumsi yang banyak beredar selama ini yaitu memakan daging kambing dapat memicu darah tinggi akibat kandungan kolesterolnya yang tinggi.

Itulah perbandingan antara domba dengan kambing sebagai hewan kurban. Secara umum, masyarakat Indonesia lebih banyak memilih daging kambing ketimbang domba, tapi tidak sedikit juga yang lebih menyukai dan memilih domba sebagai hewan kurban.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya