3 Tips Memilih Hewan yang Layak untuk Kurban

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 14 Juli 2021 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 14 616 2440464 3-tips-memilih-hewan-yang-layak-untuk-kurban-NixEowEoLI.jpg Ilustrasi tips memilih hewan kurban. (Foto: Masjid Agung Solo/Solopos)

JELANG hari raya Idul Adha 1442 Hijriah/2021 Masehi, banyak umat Islam yang ingin menunaikan ibadah berkurban. Adapun hewan kurban yang sering digunakan di Indonesia adalah kambing, domba, hingga sapi.

Beberapa ulama berbeda pendapat mengenai hukum kurban, apakah wajib atau sunah. Namun pendapat yang paling masyhur hukum kurban termasuk sunnah muakkad atau sangat dianjurkan.

Baca juga: Jokowi Sumbang Sapi Kurban Berbobot 964 Kg untuk Masyarakat Parigi Moutong 

Hal tersebut berdasarkan pada sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam:

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رضي الله عنه – قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – – “مَنْ كَانَ لَهُ سَعَةٌ وَلَمْ يُضَحِّ, فَلَا يَقْرَبَنَّ مُصَلَّانَا” – رَوَاهُ أَحْمَدُ, وَابْنُ مَاجَه, وَصَحَّحَهُ اَلْحَاكِمُ, لَكِنْ رَجَّحَ اَلْأَئِمَّةُ غَيْرُهُ وَقْفَه ُ

Artinya: "Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda, 'Barang siapa yang memiliki kelapangan (rezeki) dan tidak berkurban, maka janganlah ia mendekati tempat sholat kami."

Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Ibnu Majah. Al Hakim mensahihkannya. Akan tetapi ulama lainnya mengatakan bahwa hadis ini mauquf, yaitu hanyalah perkataan sahabat.

(HR Ahmad 14: 24 dan Ibnu Majah Nomor 3123. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadis ini hasan)

Info grafis hewan kurban. (Foto: Okezone)

Baca juga: Viral Mobil Takbir Keliling, Ingatkan Amalan Sunah 10 Hari Pertama Dzulhijjah 

Namun sebelum berkurban, ada baiknya Anda mengetahui syarat-syarat hewan yang layak untuk dikurbankan supaya amal ibadah ini menjadi lebih afdhal.

Dikutip unggahan video kanal YouTube Sinatria Farm, berikut kriteria yang dapat menentukan apakah hewan layak dikurbankan atau tidak.

1. Lihat dari umur

Sebelum membeli hewan kurban, ada baiknya Anda menanyakan umur si hewan kepada penjual. Biasanya umur hewan juga dapat diketahui dari gigi yang sudah tanggal.

"Kalau pada ternak domba atau kambing itu bisa dilihat dari gigi. Kalau dia sudah ganti gigi 4 berarti usianya sudah 1,5 tahun. Kalau 2 dia genap 1 tahun," ujar narator dalam video tersebut.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

2. Periksa apakah ada kecacatan pada hewan

Hewan kurban sebaiknya menggunakan hewan yang sempurna tanpa cacat. Sebelum membeli, Anda bisa meneliti bagian tubuhnya terlebih dahulu apakah ada cacat atau tidak. Anda bisa memeriksa bagian telinga, kaki, tanduk, buntut, dan bagian tubuh lainnya.

"Kalau cacat, dia tidak layak dikurbankan. Cacat atau tidaknya dari mana sih? Teman-teman bisa lihat telinganya lengkap, tanduk tidak ada yang patah, tidak pincang, ekor tidak terpotong," jelasnya.

Baca juga: Belum Akikah tapi Berkurban, Bagaimana Hukumnya? 

3. Pilih hewan yang sehat

Jika anggota tubuh hewan tidak ada yang cacat, lalu selanjutnya Anda bisa memeriksa apakah hewan tersebut sehat atau tidak. Hewan yang sehat dapat dilihat dari nafsu makannya. Hewan yang sehat juga biasanya terlihat agresif.

"Kita bisa lihat kesehatannya dari mulutnya. Hewan sehat mulutnya enggak ada kutil, napasnya normal, matanya tidak ada yang sakit, dan telinganya bersih. Ternak yang sehat dia agresif, nafsu makannya juga tinggi," pungkasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya