Sukses Kawal Penyelenggaraan Haji Saat Pandemi, Arab Saudi Tuai Pujian dari Negara-Negara Islam

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Jum'at 23 Juli 2021 15:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 23 614 2444946 sukses-kawal-penyelenggaraan-haji-saat-pandemi-arab-saudi-tuai-pujian-dari-negara-negara-islam-X44Thfs9WW.jpg Arab Saudi sukses kawan penyelenggaraan ibadah haji saat pandemi. (Foto: Saudi Gazette)

JEDDAH- Keberhasilan penyelenggaraan ibadah haji 2021 di masa pandemi Covid-19 mendapat pujian dari berbagai negara Muslim. Di bawah kepemimpinan Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman dan Putera Mahkota Muhammad Bin Salman, Arab Saudi sukses mengawal ibadah haji di tengah keadaan luar biasa akibat virus corona.

Saat jamaah haji melakukan ibadah yang terakhir   pada hari Kamis, Raja Bahrain Hamad Bin Isa Al-Khalifa dan Emir Kuwait Sheikh Nawaf Ahmad Al-Jaber Al-Sabah termasuk di antara pemimpin pertama yang mengirim ucapan selamat kepada Raja Salman.

Baca Juga: Kartu Pintar Haji Cara Cerdas Layani Jamaah Saat Pandemi Covid-19

Dalam pesannya Raja Hamad menyampaikan harapan terbaik kepada para jamaah haji dan berharap Raja Salman dilimpahkan kesehatan, kebahagiaan, dan umur panjang.

Dia juga menyampaikan salam kepada dunia Arab dan Islam dan berharap lebih banyak keamanan dan kemakmuran bagi Arab Saudi.

Emir Kuwait memuji pekerjaan perluasan Masjidil Haram Makkah untuk memfasilitasi ibadah haji dan layanan yang diberikan kepada para jamaah .

Putra Mahkota Bahrain Salman Bin Hamad Al-Khalifa juga mengirimkan ucapan selamat kepada Raja Salman dan Putra Mahkota Muhammad Bin Salman atas suksesnya penyelenggaraan haji tahun ini.

Putra mahkota Bahrain memuji upaya luar biasa Arab Saudi menyelenggarakan musim haji tahun ini di tengah semua tindakan pencegahan untuk memastikan keselamatan dan kesehatan para peziarah.

Baca Juga: Arab Saudi Sukses Kawal Ibadah Haji Bebas Virus Covid-19

Sementara itu, Presiden Parlemen Arab Adel Bin Abdulrahman Al-Asoumi dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis memuji langkah-langkah kesehatan dan keamanan yang diambil oleh Arab Saudi untuk menyukseskan musim haji.

Melansir laman Saudigazette pada Jumat (23/7/2021), Sekretaris Jenderal Organisasi Kerjasama Islam (OKI), Dr Yousef Ahmed Al-Othaimeen, juga mengucapkan selamat kepada kepemimpinan Saudi dalam sebuah pernyataan.

Al-Othaimeen menegaskan bahwa pemerintah Kerajaan memberikan pelajaran dalam mengelola krisis dan kerumunan besar, karena mampu menyelenggarakan ritual haji mengingat krisis pandemi virus corona baru (COVID-19) tanpa mencatat kerugian di antara para peziarah. 

Baca Juga: Presiden Vladimir Putin Sebut Islam Memperkuat Kerukunan Rusia

Dia menghubungkan musim haji yang sukses dengan serangkaian tindakan dan keputusan yang solid yang diambil oleh Arab Saudi sejak pecahnya epidemi, dan membatasi musim untuk sejumlah peziarah, untuk memastikan bahwa ritual diadakan dalam suasana yang aman serta aman. memastikan keselamatan semua orang dari ancaman pandemi virus corona. Dia juga memuji adopsi Kerajaan, selama musim haji, prinsip menjaga jiwa manusia para jamaah.

Majelis Ulama Pakistan juga memuji keberhasilan musim haji tahun ini, menyampaikan terima kasih, terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas upaya besar yang dilakukan, keputusan yang bijaksana yang diambil, dan rencana komprehensif yang didukung dan diterapkan oleh Arab Saudi untuk mengatur cara kerja musim haji tahun ini.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya