Arab Saudi Izinkan Wisatawan yang Sudah Divaksin Lengkap Bisa Masuk Mulai 1 Agustus

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 30 Juli 2021 10:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 30 614 2448296 arab-saudi-izinkan-wisatawan-yang-sudah-divaksin-lengkap-bisa-masuk-mulai-1-agustus-m85ANMyTz0.jpg Arab Saudi izinkan wisatawan yang sudah divaksin lengkap mulai 1 Agustus. (Foto: Saudi Gazette)

RIYADH - Otoritas Arab Saudi mengumumkan akan mengizinkan wisatawan dan mencabut penangguhan masuk bagi pemegang visa turis, mulai 1 Agustus atau Minggu lusa.

Meski begitu, ketentuan protokol kesehatan terkait Covid-19 harus bisa dipenuhi oleh para pelancong. Para wisatawan itu harus telah divaksinasi lengkap dengan menunjukkan sertifikat vaksinasi dan menunjukkan hasil tes PCR negatif yang dilakukan dalam waktu 72 jam sejak waktu keberangkatan. Jika itu dapat dipenuhi, maka mereka tidak perlu melakukan karantina institusional.

"Para wisatawan yang ingin mengunjungi Arab Saudi juga diharuskan untuk mendaftarkan data mereka terkait dosis vaksinasi di portal elektronik baru https://muqeem.sa/#/vaccine-registration/home," bunyi pengumuman yang dikeluarkan Kementerian Pariwisata Arab Saudi seperti dikutip dari laman Saudi Gazette, Jumat (30/7/2021).

Baca Juga: Mohammad Ahsan Hidupkan Sunah Nabi di Lapangan Bulu Tangkis Olimpiade Tokyo 2020

Pengumuman itu menambahkan bahwa data juga direkam melalui aplikasi “Tawakkalna” (coronavirus) dan diperlukan untuk ditunjukkan memasuki tempat-tempat umum.

Untuk mengakomodasi para pelancong, Arab Saudi telah meningkatkan aplikasi "Tawakkalna", yang memungkinkan pengunjung sementara untuk mendaftar dengan rincian paspor mereka. Aplikasi ini diperlukan untuk masuk ke banyak tempat umum di Arab Saudi, termasuk pusat perbelanjaan, bioskop, restoran, dan tempat hiburan.

Menurut pernyataan tersebut, wisatawan yang divaksinasi lengkap adalah mereka yang telah menerima dua dosis vaksin yang disetujui di Arab Saudi, yaitu Pfizer, AstraZeneca atau Moderna, atau satu dosis Johnson & Johnson.

Sementara itu, mereka yang telah mengambil dua dosis vaksin Sinopharm atau Sinovac juga akan diizinkan jika mereka telah menerima dosis tambahan dari salah satu dari empat vaksin yang disebutkan di atas.

Baca Juga: Mualaf Pertama di Inggris William Henry Quilliam Bergelar Profesor Hukum

Semua pengunjung akan diminta untuk mematuhi semua tindakan pencegahan yang disetujui oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi, termasuk mengenakan masker di tempat umum dan menjaga jarak fisik.

Dalam pernyataan tersebut, Kementerian Pariwisata Arab Saudi mengatakan bahwa mereka yang ingin mendapatkan visa turis dapat mengajukan permohonan melalui situs visitsaudi.com.

“Kami menyambut wisatawan lagi, dan kami sangat senang menerima tamu Kerajaan lagi setelah jeda karena dampak dari pandemi virus Corona ,” kata Menteri Pariwisata Arab Saudi Ahmed Al-Khateeb.

“Kami memfokuskan upaya kami selama jeda pada kerja sama yang erat dengan mitra kami di semua sektor untuk memastikan pengembalian yang aman di mana pengunjung ke Kerajaan dapat menikmati menjelajahi harta karunnya, tujuan dan landmark penting, menikmati pengalaman wisata yang unik, dan belajar tentang budaya kedermawanan dan keramahan yang menjadi ciri masyarakat Saudi,” dia menambahkan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Arab Saudi meluncurkan program visa turis pada September 2019 dalam keputusan bersejarah, membuka hati dan pintu bagi wisatawan dari berbagai negara di dunia. Program ini mencapai kesuksesan luar biasa karena 400.000 visa dikeluarkan dalam waktu 6 bulan sebelum penangguhan perjalanan internasional karena pecahnya pandemi virus Corona.

Pengumuman dimulainya kembali perjalanan bagi wisatawan bertepatan dengan peluncuran kampanye musim panas 2021, yang membawa banyak atraksi dan acara baru ke negara tersebut. Kampanye baru ini diharapkan dapat memanfaatkan permintaan laten yang signifikan di antara populasi domestik dan regional, terutama untuk acara hiburan berskala lebih besar, yang telah secara signifikan dipengaruhi oleh langkah-langkah untuk mengendalikan penyebaran virus corona.

Terlepas dari pandemi, tahun 2020 adalah tahun terobosan bagi industri pariwisata domestik Saudi ketika warga dan penduduk menjelajahi negara itu — banyak untuk pertama kalinya — memungkinkan pengembangan kegiatan dan produk baru yang berkelanjutan menjelang pembukaan kembali internasional.

Kampanye Musim Panas Saudi 2020, yang berlangsung antara Juni dan September, menghasilkan peningkatan pengeluaran sebesar 33 persen untuk hotel, restoran, serta kegiatan rekreasi dan budaya dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019. Tingkat hunian hotel rata-rata hampir 50 persen, dengan tingkat hunian puncak untuk beberapa tujuan hampir 100 persen.

Arab Saudi juga memperkenalkan penawaran pelayaran rekreasi pertama di negara itu di sepanjang Laut Merah dengan kapal pesiar Silver Spirit, pada September 2020. Pesiar ditawarkan sekali lagi sebagai bagian dari musim panas, dengan MSC Belissima beroperasi di Jeddah antara Juli dan September.

Arab Saudi berhasil melaksanakan kampanye vaksinasi Covid -19 di seluruh wilayahnya untuk semua warga negara dan penduduk, dengan lebih dari 26 juta dosis diberikan sejauh ini. Lebih dari setengah dari semua warga dan penduduk Arab Saudi kini telah menerima suntikan pertama mereka dan satu dari lima telah menerima dua dosis vaksin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya