Kemenag Harapkan Catatan Sejarah Bangsa Indonesia Bisa Dimasukan dalam Materi Dakwah

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 19 Agustus 2021 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 19 614 2457830 kemenag-harapkan-catatan-sejarah-bangsa-indonesia-bisa-dimasukan-dalam-materi-dakwah-tOBBhWSDAI.jpg Kemenag harapkan catatan sejarah bangsa Indonesia bisa dimasukan dalam materi dakwah. (Foto: Dok)

GENERASI milenial perlu mengetahui sejarah Indonesia dan perjalanannya hingga saat ini. Dengan begitu generasi mampu mengenali bangsanya sendiri. Salah satu cara yag dapat dilakukan yakni para pendakwah perlu memasukan materi pesan sejarah bangsa dalam setiap ceramah dakwah atau saat mengisi kajian. 

Sekretaris Ditjen Bimas Islam, Kementerian Agama M. Fuad Nasar pun mengajak para Penyuluh Agama Islam memasukkan pesan bagi para generasi milenial agar mencintai sejarah di setiap dakwahnya.

Baca Juga: Cinta Tanah Air Itu Syar'i Sebagian dari Iman

Fuad menyampaikan, generasi yang mengenal sejarah bangsa dan negaranya tentu memiliki kesadaran dan tanggung jawab bernegara serta semangat bela negara.

"Siapa saja yang paham sejarah, pasti semangat juangnya lebih tinggi. Orang yang tidak tahu sejarah, pasti dia tidak mengenal bangsanya dan tidak akan mau berjuang untuk bangsanya," terang Fuad melansir laman Bimas Islam Kemenag, Kamis (19/8/2021).

Baca Juga: Jenderal Soedirman Saat Pimpin Perang Gerilya dalam Kondisi Sakit Tak Pernah Menunda Sholat

Fuad mengutip pernyataan Gubernur Bank Indonesia periode 1973-1983, Rachmat Saleh yang mengatakan bahwa sejarah itu penting untuk dipahami, karena membangkitkan semangat orang untuk berjuang dan mengabdi.

Fuad menambahkan, Al-Qur'an juga banyak mengisahkan kejayaan dan kejatuhan umat terdahulu agar menjadi bahan renungan dan pemikiran bagi orang-orang yang mempunyai daya pikir mendalam.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

"Dengan demikian, bagi umat Islam kesadaran sejarah tak dapat dipisahkan dari kesadaran beragama. Islam mendorong umatnya agar mengambil pelajaran dari sejarah dan berkaca pada peristiwa masa lalu," kata dia .

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya