Aa Gym Ungkap Adab Muslim Terhadap Hewan, Bisa Mendatangkan Kasih Sayang Allah Ta'ala

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Selasa 24 Agustus 2021 09:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 24 330 2460133 aa-gym-ungkap-adab-muslim-terhadap-hewan-bisa-mendatangkan-kasih-sayang-allah-ta-ala-Hu2E9cd4fW.jpg Aa Gym bagikan adab-adab seorang Muslim terhadap hewan. (Foto: Aa Gym Daily Vlog)

ADAB kepada hewan, penting sekali dalam kehidupan seorang Muslim. Sebab tidak hanya dengan sesama manusia, adab terhadap hewan pun perlu diperhatikan. Demikian diungkapkan Kiai Haji Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym.

Ia mengatakan, Islam sangat mengajarkan akhlak rahmatan lil alamin kepada seisi alam semesta. Menyayangi hewan menjadi bagian terpenting selain akhlak kepada manusia. Pasalnya, semua hewan yang bernyawa dan punya hati.

"Sayangi yang di Bumi, niscaya yang di langit akan menyanyangimu." (HR Abu Daud dan At-Tirmidzi)

Baca juga: Aa Gym Bagikan Amalan agar Urusan Rezeki, Jodoh, Anak Jadi Lancar 

Aa Gym melanjutkan, jadi menyayangi hewan akan mendatangkan kasih sayang Allah Subhanahu wa ta'ala. Jangan disakiti, makin disayang makin dia merasakannya. Makin menyayangi hewan, makin menghidupkan hati manusia.

"Kepada hewan sebaiknya kita memberikan makanan yang layak dan yang cocok, jangan membiarkan mereka lapar dan haus. Sebab, memberi makan kepada hewan itu termasuk sedekah dan memberi kebaikan kepada kita," kata Aa Gym, seperti dikutip dari kanal YouTube-nya Aa Gym Daily Vlog, Selasa (24/8/2021).

Aa Gym bagikan adab-adab seorang Muslim terhadap hewan. (Foto: Aa Gym Daily Vlog)

Dia melanjutkan, hal lainnya yang tidak kalah penting adalah jangan pernah menyakiti hewan. Apalagi menjadikan sasaran permainan, seperti memanah burung yang tidak ditujukan untuk berburu, haram hukumnya. Tidak boleh menyakiti dengan bentuk apa pun.

Baca juga: Aa Gym: Tidur Usai Sholat Subuh Salah Satu Penghambat Rezeki 

Kemudian, tidak boleh memberikan cap di kening atau di pantatnya, kecuali di telinga sedikit. Mengecap dengan besi panas itu sesuatu yang terlarang.

"Bahkan di dalam menyembelih hewan kurban, harus ihsan yaitu dengan diasah pisaunya, ditenangkan binatangnya, sehingga dia mati dalam keadaan yang baik," jelas Aa Gym.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Akhlak kepada hewan pun sudah luar biasa seperti itu. Hewan bisa merasakan kasih sayang manusia. Kalau manusia menyayangi, hewan juga akan sayang kepada manusia.

Lalu jangan pula dengan hewan membuat manusia kotor hati seperti ujub, riya, takabur, malah itu tidak baik. Seharusnya dengan menyayangi hewan, hati manusia makin lembut, makin tulus.

Baca juga: Hobi Gowes? Aa Gym Ungkap 4 Hal yang Harus Dihindari dalam Bersepeda 

Jangan pula memiliki hewan membuat seorang Muslim lalai dari Allah Subhanahu wa ta'ala. Membuat Muslimin lebih sibuk dengan hewan kesayangan, zakatnya tidak dibayar, ibadah jadi terabaikan, apalagi jadi kotor hati.

"Dengan manyayangi binatang memperbanyak dzikrullah, merawat binatang jadi shodaqoh, dan bisa berdakwah memeprlihatkan indahnya Islam dengan niat yang disukai Allah Subhanahu wa ta'ala," tuntasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya