Kisah Rasulullah SAW Melepas Cincin yang Dipakai, Mengapa?

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Rabu 25 Agustus 2021 20:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 25 330 2461140 kisah-rasulullah-saw-melepas-cincin-yang-dipakai-mengapa-epS7KTjA7T.jpg Cincin yang dikenakan Rasulullah SAW dilepas dan dilempar. (Foto: Okezone/Dok)

CINCIN yang dipakai Rasulullah SAW membuat beliau perhatiannya terpecah di antara pandangan ke cincin juga kepada para sahabat nabi. Akhirnya Rasulullah SAW melempar cincin tersebut. Nah, kisah tersebut diriwayatkan dalam sebuah hadis.

Sahabat yang Mulia Ibnu Abbas radhiyallahu’anhuma meriwayatkan, 

أن رسولَ اللهِ ﷺ اتخذَ خاتمًا فلبِسَه قال شغلني هذا عنكم منذُ اليومَ، إليه نظرةٌ وإليكم نظرةٌ، ثم ألقاه

"Bahwa Rasulullah SAW pernah mengenakan sebuah cincin. Lalu beliau bersabda: 'Cincin ini telah menyibukkan aku dari kalian sejak hari ini, karena terkadang pandanganku tertuju kepadanya dan terkadang kepada kalian'. Kemudian beliau melempar cincin itu." [HR. An-Nasaai, Shahih An-Nasaai: 5304]

Baca Juga: Begini Akibat Jika Bersandar Harapan dan Mencari Ridha kepada Manusia

Ustaz Sofyan Ruray menjelaskan ada beberapa pelajaran dari hadis itu yakni:

1. Hadits yang mulia ini mengajarkan salah satu adab mulia dalam bermajelis atau duduk bersama adalah memberi perhatian kepada teman duduk. Terlebih lagi jika teman duduk adalah orang tua, atau lebih tua, atau lebih mulia, atau keluarga.

Baca Juga:  5 Cara Sukses Nabi Muhammad SAW Berbisnis

2. Lebih utama lagi apabila  sedang di majelis khutbah Jum'at, majelis ilmu atau majelis nasihat, maka termasuk kewajiban dan pemuliaan terhadap syiar-syiar Allah adalah kita diam dan menyimak dengan baik.

3. Hendaklah menghindari semua yang dapat mengganggu konsentrasi kita di majelis, apakah cincin, Hp, dan lain-lain.

4. Apabila ada hal penting yang mengharuskan kita menggunakan Hp, maka hendaklah meminta izin dan memohon maaf kepada teman duduk kita, atau minta izin pemateri di majelis ilmu.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

5. Sebab Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam melepas cincin tersebut bisa dua kemungkinan:

Pertama: Cincin emas yang sebelumnya dibolehkan, kemudian diharamkan oleh Allah, maka sebab beliau melepasnya ada dua, yaitu karena keharaman dan karena menyibukkan dari kawan duduk.

Kedua: Cincin perak yang boleh digunakan, maka sebab beliau melepasnya bukan karena haram menggunakannya, tapi karena menyibukkan beliau. [Lihat Dzakhiratul 'Uqba fi Syarhil Mujtaba, 38/389]

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya