Sekolah Tatap Muka, Jangan Lupa Baca Doa Ini Sebelum dan Sesudah Belajar

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 30 Agustus 2021 13:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 30 618 2463298 sekolah-tatap-muka-jangan-lupa-baca-doa-sebelum-dan-sesudah-belajar-qmPdmWn0ss.jpg Ilustrasi doa sebelum dan sesudah belajar saat mengikuti sekolah tatap muka. (Foto: Haryudi/Sindo)

MULAI hari ini, Senin 30 Agustus 2021, pemerintah menerapkan uji coba sekolah tatap muka di tengah pandemi covid-19. Seperti di wilayah Provinsi DKI Jakarta sedikitnya ada 610 sekolah menggelar program ini. Protokol kesehatan pun dijalankan agar terhindar dari wabah penyakit.

Sementara dari sisi ajaran agama Islam, siswa/siswi yang mengikuti sekolah tatap muka juga diimbau selalu menerapkan prokes secara ketat, kemudian wajib bertawakal kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Tujuannya agar mendapat kesehatan dari Allah Ta'ala dan tidak tertular covid-19 yang sedang melanda.

Baca juga: Baca Doa Ini supaya Terhindar dari Covid-19 saat Sekolah Tatap Muka 

Tidak lupa, membaca doa-doa yang dianjurkan. Di antaranya adalah doa sebelum dan sesudah belajar agar lebih mudah memahami pelajaran, apalagi sudah sekian lama hanya mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara daring.

Sekolah tatap muka. (Foto: Okezone)

Membaca doa sebelum belajar ini juga sangat baik. Selain berharap pertolongan Allah Subhanahu wa ta'ala agar dimudahkan dalam memahami materti yang sedang dipelajari, juga dapat menambah semangat belajar.

Dikutip dari buku 'Kitab Lengkap Shalat, Shalawat, Zikir, dan Doa', berikut bacaan doa sebelum dan sesudah belajar.

Baca juga: Usai Vaksinasi di MNC Studios, Siswa SMP Ini Tidak Sabar Ingin Sekolah Tatap Muka 

1. Doa sebelum belajar

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Radhitu billahi-rabba, wabil Islaami diinaa, wa bi Muhammadin nabiiyyaw wa rasuulaa

Artinya: "Aku ridha Allah Subhanahu wa ta'ala sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai nabi serta Utusan Allah."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

2. Doa sesudah belajar

اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي ، وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي ، وَزِدْنِي عِلْمًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Allahummanfa'ni bima 'allamtani wa 'allimni ma yanfa'uni wa zidni 'ilman walhamdulillahi 'ala kulli halin

Artinya: "Ya Allah, berilah kemanfaatan atas segala ilmu yang Engkau ajarkan pada saya. Berilah saya ilmu yang bermanfaat dan tambahkanlah ilmu pada saya. Segala puji bagi Allah dalam setiap waktu."

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: 8 Tata Cara Sekolah Tatap Muka Aman dari Covid-19 Rekomendasi Satgas IDI 

Ilustrasi doa sebelum dan sesudah belajar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya