Share

Sambut Ramadan dan Lebaran, Pemerintah Ajak Dewan Masjid Gelar Vaksinasi

Kevi Laras, Jurnalis · Sabtu 26 Maret 2022 16:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 26 614 2568237 sambut-ramadan-dan-lebaran-pemerintah-ajak-dewan-masjid-gelar-vaksinasi-z3HDcei3v2.jpg Ilustrasi vaksinasi covid-19. (Foto: Dok Okezone)

MENYAMBUT momen terbesar umat Islam yakni bulan Ramadan dan Lebaran atau hari raya Idul Fitri, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta agar dewan masjid di kota atau daerah dapat membantu dalam capaian vaksinasi covid-19.

Hal itu untuk melindungi setiap individu dari keterburukan bila terinfeksi virus covid-19. Adanya pelonggaran, seperti bisa mudik saat nanti Lebaran, membuka peluang persebaran atau infeksi covid-19.

Baca juga: Humor Abu Nawas: Sembuhkan Orang Sakit Pakai Cara Ajak Makan Malam, Simpel dan Nikmat! 

"Pelaksanaan vaksinasi seperti tahun lalu, banyak juga yang melakukan vaksinasi bisa setelah sholat tarawih. Kita juga mendorong dewan masjid dalam vaksinasi," ujar Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi M.Epid dalam webinar 'Polemik Trijaya', Sabtu (26/3/2022).

Lebih lanjut ia menyatakan optimis hidup berdampingan dengan covid-19. Namun, tingginya mobilitas masyarakat perlu adanya langkah antisipasi dan perlindungan yaitu vaksinasi booster.

Baca juga: 7 Hadis Penjelasan Hukum Ziarah Kubur Jelang Ramadan 

Sebab momen Lebaran nanti bukan hanya menjadi arus mudik, tetap juga menjadi arus wisata di daerah. Dia menegaskan pelayanan kesehatan siap dan pihaknya mendorong penggunaan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk tempat wisata.

"Kita optimis ya bisa hidup berdampingan dengan covid-19, selalu menjadi puncak yang tinggi apabila ada mobilitas yang bergerak (tinggi/masif). Bukan hanya mudik Idul Fitri, itu jadi arus untuk liburan juga. Tempat wisata harus benar-benar menggunakan PeduliLindungi," jelasnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ia melanjutkan, dari sisi medis telah siap jika terjadi kelonjakan kasus covid-19. Stok vaksin dipastikan aman agar masyarakat bisa mendapatkan, ditambah adanya keterlibatan TNI dan Polri.

"Kalau bicara kemampuan memberikan vaksin yaitu vaksinator enggak ada masalah dengan keterlibatan TNI-Polri. Kita tetap siapkan fasilitas kesehatan di tengah kondisi membaik dan antisipasi mobilitas masif dengan ketersediaan oksigen, obat, proteksi perawatan," pungkasnya.

Baca juga: Bacaan Zikir Petang Hari Ini, Sabtu 26 Maret 2022M/23 Syaban 1443H 

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Sabtu 26 Maret 2022M/23 Syaban 1443H 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini