Festival Literasi Zakat Wakaf Dongkrak Awareness dan Partisipasi Publik

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Selasa 31 Agustus 2021 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 31 614 2463754 festival-literasi-zakat-wakaf-dongkrak-awareness-dan-partisipasi-publik-IrftuhFejY.jpg Festival Literasi Zakat Wakaf 2021. (Foto: Shutterstock/Ilustrasi)l

JAKARTA - Festival Literasi Zakat Wakaf 2021 diharapkan agar publik mendapatkan informasi mengenai zakat dan wakaf yang lebih komprehensif. Ini mengingat berdasarkan hasil survei Indeks Literasi Zakat dan Wakaf pada 2020  menunjukkan bahwa secara nasional Indeks Literasi Zakat mencapai 66.78 atau masuk dalam kategori menengah/moderat.

Sementara itu, Indeks Literasi Wakaf mendapatkan skor 50.48 atau masuk dalam kategori rendah. Dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat literasi masyarakat terhadap wakaf lebih rendah dibandingkan zakat.

Data tersebut adalah hasil survei yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama, Pusat Kajian Strategis BAZNAS dan Badan Wakaf Indonesia.

Baca Juga: Saham hingga Deposito Syariah Layak Menjadi Aset Wakaf

Menyikapi hal tersebut, pada  2021 ini, Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf mengadakan Festival Literasi Zakat Wakaf yang bertujuan untuk meningkatkan indeks literasi masyarakat terhadap zakat dan wakaf.

Kick Off Festival Literasi Zakat Wakaf dilaksanakan pada  Selasa (31/8/2021) secara daring. “Dengan adanya program Festival Literasi Zakat Wakaf, masyarakat diharapkan mendapatkan informasi mengenai zakat dan wakaf yang lebih komprehensif, sehingga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam berzakat dan berwakaf”, ujar Kamarudin Amin, Dirjen Bimas Islam dalam pesannya yang dikirim.

Baca Juga: Penting Bagi Pengusaha Muslimah Mengusai Literasi Digital

Dengan adanya program ini juga diharapkan dapat meningkatkan koordinasi dan sinkronisasi antara Kementerian Agama dengan stakeholder zakat dan wakaf, serta kolaborasi dan sinergi program-program edukasi dan literasi zakat dan wakaf.

“Semangat atau tagline yang dibawa pada Festival Literasi Zakat Wakaf tahun ini adalah Zakat dan Wakaf Membangun Ekonomi Umat”, tambahnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Festival Literasi Zakat Wakaf ini adalah yang kedua kalinya diadakan setelah sebelumnya di tahun 2019 diadakan event serupa dengan format dan konsep yang berbeda. Pada tahun ini, Festival Literasi Zakat Wakaf terbagi ke dalam 2 fase, yaitu fase awareness dan fase festival.

Fase awareness ditujukan untuk memberikan pemahaman awal mengenai zakat dan wakaf serta memperkenalkan tujuan diadakannya event Festival Literasi Zakat Wakaf. Adapun pada fase festival, merupakan rangkaian acara utama yang antara lain terdiri dari Webinar Nasional, Expert Talks, Coaching Class, Digital Exhibition, dan ditutup dengan Malam Apresiasi Festival Literasi Zakat Wakaf.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya