Viral Balita Palestina Berbagi Sarapan dengan Kucing di Masjidil Aqsa, Netizen pun Terharu

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Senin 27 September 2021 07:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 26 614 2477180 viral-balita-palestina-berbagi-sarapan-dengan-kucing-di-masjidil-aqsa-netizen-pun-terharu-5Jzvy8vpm0.jpg Viral balita Palestina berbagi sarapan dengan kucing di Masjidil Aqsa. (Foto: Instagram @yusufmansurnew/@adararelief)

BEREDAR video viral seorang balita memberikan makan sarapan untuk kucing di Kompleks Masjidil Aqsa, Palestina. Tayangan ini pun membuat haru publik yang menyaksikannya. Dalam Islam, kucing sendiri termasuk hewan yang istimewa. Bahkan, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam memiliki kucing yang sangat disayanginya bernama Muezza.

Kucing juga termasuk hewan yang suci dan jauh dari najis. Inilah yang membuat hewan satu ini begitu dihormati dalam ajaran agama Islam. Seperti diterangkan dalam sebuah hadis:

"Kucing itu tidak najis, dia binatang yang suka berkeliling di rumah (rumahan)." (HR Tirmidzi)

Baca juga: Mengenal Ustadz dr Zaidul Akbar, Ahli Gizi Sekaligus Pencetus Jurus Sehat Rasulullah 

Dalam video viral @adararelief yang diunggah ulang oleh Ustadz Yusuf Mansur di akun Instagram pribadinya, tampak seorang balita di Masjidil Aqsa berpakaian serbaputih tengah menyodorkan sebuah roti kepada seekor kucing berwarna putih kombinasi abu-abu.

Video viral itu telah ditonton 408 ribu kali dan disukai oleh 33,6 ribu netizen. Unggahannya pun dibanjiri komentar haru netizen. Banyak yang takjub melihat perilaku si balita.

Baca juga: Para Orangtua, Ini 4 Cara Mendidik Anak Sesuai Anjuran Rasulullah 

"Terharu liatnya," tulis salah seorang netizen di kolom komentar.

"Betapa mulianya sejak kecil saja sudah punya kepedulian. Semoga bisa menginspirasi," ungkap netizen lainnya.

"Masya Allah masih kecil sudah ditanamkan untuk berbagi," puji netizen yang lain.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Aksi yang dilakukan balita itu merupakan salah satu contoh dalam bersedekah. Bersedekah tidak hanya kepada manusia, bisa juga dengan memberikan makan untuk kucing ataupun makhluk hidup lainnya. Seperti dijelaskan dalam hadis:

"Pada setiap sedekah kepada makhluk yang memiliki hati (jantung) yang basah (hidup) akan mendapatkan pahala kebaikan. Seorang Muslim yang menanam tanaman atau tumbuh tumbuhan lalu dimakan oleh burung-burung, manusia, dan binatang maka baginya sebagai sedekah." (HR Bukhari dan Muslim)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Wahai Pria, Catat 5 Kriteria Wanita Ini Jangan Dijadikan Istri

Viral balita Palestina berbagi sarapan dengan kucing di Masjidil Aqsa. (Foto: Instagram @yusufmansurnew/@adararelief)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya