6 Artis Ini Mantap Hijrah Jadi Pendakwah, Mulai Pelawak hingga Anak Metal

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Senin 04 Oktober 2021 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 04 621 2480979 6-artis-ini-mantap-hijrah-jadi-pendakwah-mulai-pelawak-hingga-anak-metal-PsT9x8Potr.jpg Akri Patrio termasuk deretan artis hijrah dan mantap jadi pendakwah. (Foto: Instagram @akripatriotv)

GEMERLAPNYA dunia hiburan yang menyajikan popularitas dan harta memang terlihat menggiurkan. Namun, hal tersebut tidak selalu menjadi pilihan hidup bagi sebagian artis. Beberapa dari mereka justru memutuskan hijrah meninggalkan dunia yang melambungkan namanya itu.

Berikut telah MNC Portal rangkum enam artis Indonesia yang memutuskan meninggalkan karier serta ketenarannya dan kini mantap menjadi seorang pendakwah.

Baca juga: Kisah Pelawak Legendaris Kang Ibing Hijrah hingga Mantap Jadi Pendakwah 

1. Akri Patrio

Muhammad Akri Falaq atau akrab disapa Akri Patrio dulunya terkenal sebagai pelawak grup 'Patrio' bersama Eko dan Parto. Namanya melejit setelah mengisi acara 'Ngelaba' di televisi.

Sejak grup itu bubar, Akri merambah ke dunia seni peran. Perannya sebagai Ustadz Ferry dalam sinema Ramadhan 'Para Pencari Tuhan' ternyata membuat lelaki kelahiran Pandeglang, Banten, ini berubah menjadi seorang ustadz sampai sekarang.

Akri Patrio. (Foto: Instagram @akripatriotv)

Baca juga: Hijrah Pria Bertato dan Berambut Panjang Tak Sungkan Menuntut Ilmu Agama 

2. Derry Sulaiman

Daftar artis selanjutnya adalah mantan gitaris band metal Betrayer, Derry Sulaiman. Mulanya Derry meninggalkan grup band tersebut pada tahun 1998 untuk pindah ke Bali. Setelah pindah ke Bali, ia merasa jenuh dan memutuskan untuk hijrah. Ia pun menggunakan musik sebagai sarana dalam menyebarkan ajaran-ajaran Islam, seperti dalam lagu 'Dunia Sementara Akhirat Selamanya' dan 'Suara Langit'.

Derry Sulaiman.

Baca juga: Baru Hijrah Sudah Berdakwah, Bagaimana Pandangan Ulama? 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Sakti Sheila On 7

Saktia Ari Seno merupakan mantan gitaris dari grup musik Sheila on 7. Ia memutuskan mundur dari gempita panggung musik pada 2006 atau setahun setelah merilis album The Best bertajuk 'Jalan Terus'. Setelah itu, Sakti memutuskan hijrah dan mengganti namanya menjadi Salman Al Jugjawy.

Sakti eks Sheila on 7 atau Salman al Jugjawy. (Foto: Instagram @salman_al_jugjawy)

Baca juga: Kiat-Kiat Hijrah ala Ustadz Khalid Basalamah, Pahami Dulu Keutamaan Ibadah 

4. Oki Setiana Dewi

Nama Oki Setiana Dewi melejit setelah bermain dalam film 'Ketika Cinta Bertasbih 1 dan 2', 'Demi Cinta', dan beberapa sinetron seperti 'Ketika Cinta Bertasbih Spesial Ramadhan', 'Anak-anak Manusia', dan sinetron 'Dari Sujud ke Sujud'.

Kini kakak kandung YouTuber Ria Ricis itu memutuskan untuk lebih tekun dalam kegiatan agama Islam. Dia aktif mengisi kajian di beberapa tempat maupun di berbagai acara televisi.

Oki Setiana Dewi. (Foto: Instagram @okisetianadewi)

Baca juga: Apa Makna Hijrah, Begini Penjelasannya Secara Sederhana 

5. Astri Ivo

Astrie Feizaty Ivo yang akrab disapa Astri Ivo merupakan salah satu aktris lawas era 1980-an yang kini sudah memutuskan pensiun dari dunia hiburan Tanah Air. Karier Astri Ivo itu sudah dijalaninya sejak kecil. Ia juga sempat menjadi salah satu aktris cilik yang menuai segudang prestasi pada eranya. Setelah pensiun dari dunia hiburan Tanah Air, Astri Ivo memilih untuk menjalani kegiatannya sebagai seorang pendakwah. Kesibukannya selalu dihiasi oleh berbagai kajian keagamaan.

Astri Ivo. (Foto: Instagram @astrie_ivo)

Baca juga: Kisah Reda Samudera Eks Vokalis Speaker First Hijrah Setelah Dihadiahi Buku 

6. Peggy Melati Sukma

Artis terakhir yang masuk daftar ini adalah Peggy Melati Sukma. Pemeran tokoh centil dalam sinetron 'Gerhana' ini memilih mengenakan hijab setelah bercerai dari Wisnu Tjandra pada tahun 2012. Kini ia dikenal sebagai pendakwah yang mempunyai pembawaan sangat santun. Peggy pun sekarang telah mantap mengenakan cadar. Selain bersyiar, ia juga fokus sebagai penggiat sosial.

Peggy Melati Sukma.

Baca juga: Kisah Ahmad Zarkasyi Eks Vokalis Purgatory Alami Fase Berat saat Hijrah 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya