Kisah Kedatangan Nabi Muhammad di Madinah dan Berdirinya Masjid Quba

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Selasa 26 Oktober 2021 21:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 26 614 2492202 kisah-kedatangan-nabi-muhammad-di-madinah-dan-berdirinya-masjid-quba-5Tmn9au1tk.jpg Masjid Quba simbol kedatangan Nabi Muhammad di Kota Madinah. (Foto: Shutterstock)

NABI Muhammad Shallallahu alahi wassallam berdakwah tanpa kenal lelah di Kota Makkah. Beliau bahkan terus mendapat perlawanan dari kaum Quraisy. Hal ini menjadi salah satu alasan Nabi Muhammad hijrah ke Madinah.

Dikutip dari kanal YouTube Khalid Basalamah Official, Selasa (26/10/2021), Ustadz Dr Khalid Basalamah Lc MA menceritakan Nabi Muhammad Shallallahu alahi wassallam datang bersama Abu Bakar As-Shiddiq menaiki unta. Mengetahui kabar Rasulullah akan datang, para penduduk Madinah pun menunggu di gerbang kota.

Baca juga: Kisah Nabi Sulaiman Beri Makan Semut tapi Tidak Dihabiskan, Alasannya Sangat Mengagumkan 

Beberapa hari menunggu Nabi Muhammad Shallallahu alahi wassallam tidak kunjung datang. Rupanya Nabi terlambat dari jadwal yang diperkirakan untuk tiba di Madinah.

Suatu hari, lanjut Ustadz Khalid Basalamah, matahari bersinar sangat terik dan masyarakat Madinah kembali ke dalam kota. Ada seorang Yahudi yang ingin melihat sosok Nabi Muhammad Shallallahu alahi wassallam. Ia hendak memastikan apakah benar seperti yang disebutkan dalam kitab Taurat.

Ilustrasi kisah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. (Foto: Sindonews)

Seorang Yahudi ini ikut menaiki pohon kurma yang tertinggi dan melihat dari jarak jauh. Ketika para penduduk Madinah sudah membubarkan diri, Yahudi tersebut tetap berada di atas pohon.

Dari kejauhan, seorang Yahudi itu melihat seekor unta yang ditunggangi Rasulullah Shallallahu alahi wassallam dan Abu Bakar As-Shiddiq mendekati pintu gerbang Kota Madinah.

Baca juga: Kisah Pembebasan Makkah dari Kaum Quraisy, Kemenangan bagi Rasulullah dan Muslimin 

Segera saja Yahudi itu memanggil orang-orang dan memberi tahu kedatangan baginda Nabi Muhammad Shallallahu alahi wassallam. Kemudian kaum Anshar dan penduduk asli Madinah, baik yang baru masuk Islam maupun belum, datang lagi.

Tidak semua dari mereka mengenali wajah Nabi Muhammad Shallallahu alahi wassallam. Apalagi kala itu Nabi sedang bersama Abu Bakar As-Shiddiq.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Karena hari itu terik matahari begitu menyengat, Abu Bakar turun dari unta dan mengambil pelepah kurma yang tergeletak di tanah. Setelah itu, ia kembali naik ke unta dan memayungi Nabi Muhammad Shallallahu alahi wassallam dengan pelepah kurma tersebut.

Atas perilaku Abu Bakar yang memuliakan Nabi Muhammad Shallallahu alahi wassallam, penduduk Madinah akhirnya mengetahui bahwa orang yang dipayungi oleh Abu Bakar adalah Nabi Muhammad.

Baca juga: Kisah 5 Ulama Mimpi Bertemu Rasulullah, Ada yang Ditegur Tidak Wudu Sebelum Tidur 

Mayoritas kaum Ashar saat itu sudah memeluk agama Islam. Kedatangan Nabi Muhammad Shallallahu alahi wassallam ini tentunya membuat mereka sangat gembira. Mereka bahkan sudah menyiapkan syair indah untuk menyambut Rasulullah.

"Wahai orang yang telah diutus oleh Allah kepada kami, engkau telah membawa peraturan-peraturan yang pasti akan dipatuhi. Engkau datang memuliakan Kota Madinah. Selamat datang wahai sebaik-baiknya manusia. Dan kami selalu bersyukur kepada Allah akan nikmat ini, maka selamat datang wahai sebaik-baik bekal," begitulah isi syair yang diserukan kepada Nabi Muhammad Shallallahu alahi wassallam.

Masyarakat Madinah terus melantunkan kalimat tersebut untuk Nabi Muhammad Shallallahu alahi wassallam sampai beliau memasuki Kota Madinah.

Baca juga: Kisah Nabi Muhammad Menerima Wahyu Pertama di Gua Hira: Bacalah! 

Awal masuk ke Madinah, Nabi Muhammad Shallallahu alahi wassallam tidak langsung menuju pusat kota. Beliau sempat mampir ke tepi kota yang dikenal dengan wilayahn Quba. Nabi berdiam di wilayah tersebut dan membangun masjid pertama bernama Masjid Quba.

Menurut Ustadz Khalid Basalamah, Masjid Quba ini sebagai simbol dari kedatangan Nabi Muhammad Shallallahu alahi wassallam di Madinah, dan Madinah adalah kota Islam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya