Kagumi Ibadah Sunah Berpahala Besar Ini, Dr Tamara Gray Mantap Jadi Mualaf

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Kamis 11 November 2021 07:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 10 621 2499918 kagumi-ibadah-sunah-berpahala-besar-ini-dr-tamara-gray-mantap-jadi-mualaf-BYABR4twxF.jpg Kisah mualaf Dr Tamara Gray. (Foto: YouTube Ayatuna Ambassador)

PENULIS sekaligus pembicara publik, Doktor Tamara Gray, mengenang kembali masa-masa baru masuk Islam dan menjadi mualaf. Kala itu ia masih berusia 18 tahun dan tinggal di Damaskus, ibu kota Suriah.

Teman sekamarnya yang begitu salihah adalah seorang perempuan Muslim dari Malaysia. Dari temannya itu, Dr Tamara Gray mulai belajar banyak tentang agama Islam. Bahkan, mengetahui adanya ibadah sunah seperti sholat tahajud.

Baca juga: Kisah Mualaf Jenderal Andika Perkasa, Mantap Memeluk Islam ketika Momen Ini 

Saat pertama kali masuk Islam, Tamara mengaku kesulitan melaksanakan ibadah wajib, yakni sholat lima waktu. Bahkan, wudu pun terasa sangat sulit dilakukan. Pasalnya, dia baru 2 bulan resmi menjadi seorang mualaf.

"Saat saya baru masuk Islam, saya selalu kesulitan dengan ibadah wajib. Sangat sulit bagi saya untuk melaksanakan Sholat Zuhur dan Ashar tepat waktu. Wudu juga sulit. Saya baru jadi Muslim 1,5 atau 2 bulanan," ujar Dr Tamara Gray, seperti dikutip dari kanal YouTube Ayatuna Ambassador, Kamis (11/11/2021).

Ilustrasi ibadah sunah sholat tahajud. (Foto: Okezone)

Kemudian saat pindah dan sekamar dengan perempuan asal Malaysia, pemikirannya akan ibadah sholat pun berubah. Hal ini bermula dari sholat witir yang teman perempuannya itu lakukan setelah Sholat Isya.

"Pada malam pertama ketika akan Sholat Isya, teman kamar saya bersiap menjadi imam untuk kami. Kemudian saya sholat dengannya. Begitu selesai sholat, saya membuka mukena dan dia melihat saya berkata, 'Apakah kamu tidak akan sholat witir?'," kata Tamara.

Baca juga: Jadi Mualaf, Crazy Rich Ekspedisi Ini Bangun 99 Masjid 

Tamara sebenarnya tidak tahu apa itu sholat witir. Ketika itu juga belum ada mesin pencarian Google, sehingga dirinya tidak bisa mencari tahu akan hal tersebut. Sebagai seorang remaja yang berusia 18 tahun, dia ingin terlihat menjadi orang yang serbatahu, oleh karena itu Tamara hanya terdiam dan menatap sang teman.

"Saya baru umur 18 tahun, sangat sulit bagi saya untuk mengatakan kalau saya tidak tahu. Saya ingin menjadi orang yang tampak serbatahu. Jadi, saya tidak berkata apa pun dan hanya menatapnya," ungkapnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Kemudian sang teman menduga bahwa Tamara akan melakukan sholat witir setelah sholat tahajud. Dia pun kembali bingung lantaran tidak tahu apa itu sholat tahajud. Namun karena ingin menjadi remaja yang serbatahu, dia pun hanya mengiyakan perkataan tersebut.

"Lalu dia berkata, 'Oh, kamu akan sholat witir setelah tahajud kan?' Saya juga tidak tahu apa itu tahajud tapi saya bilang, 'Iya.' Kemudian dia bertanya, 'Maukah aku bangunkan?' Saya jawab, 'Iya.' Subhanallah, dia melakukannya," cerita Tamara.

Baca juga: Cobaan Berat Artis Risdo Matondang Jadi Mualaf: Saya Dianggap Sudah Mati 

Dirinya pun segera pergi mencari tahu di buku tentang sholat tahajud. Sejak saat itu, Tamara bersyukur dipertemukan oleh sang teman. Pasalnya, kini dia sudah mengalami perubahan hidup yang positif dan merasakan berbagai manfaat dari sholat tahajud.

Di balik itu, Tamara juga menemukan sosok inspiratif dari sahabat Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bernama Tamim Radhiyallahu anhu yang dikenal sebagai penerang masjid. Dikisahkan, Tamim pernah melewatkan satu kali sholat tahajud. Kemudian dia menjadi sangat sedih dan merasa bersalah.

Guna menebus kesalahan tersebut, Tamim menghabiskan waktu 1 tahun penuh untuk sholat tahajud setiap malam. Tamara sangat kagum dengan kisah ini.

Tidak hanya itu, kisah dari Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pun juga turut membuka pandangannya terhadap sholat tahajud. Pasalnya, Nabi Muhammad tetap melakukan sholat hingga kakinya bengkak.

Baca juga: Mualaf Cantik Ini Luruskan 5 Kesalahpahaman Masyarakat Barat Terhadap Islam 

Tamara mengatakan bahwa istri beliau, yakni Aisyah Radhiyallahu anha yang menyaksikan kejadian tersebut berkata, "Wahai Rasulullah, apa yang engkau perbuat, sedangkan dosamu yang telah lalu dan yang akan datang telah diampuni." Lalu beliau menjawab, "Wahai Aisyah, bukankah seharusnya aku menjadi hamba yang banyak bersyukur?" (HR Muslim)

Melalui kisah tersebut, Tamara makin yakin akan manfaat dari sholat tahajud. Meski tidak harus sampai bengkak, sholat tahajud tetap harus dilaksanakan. Tamara mengatakan, jika seseorang merasa sangat lelah saat sholat, maka istirahatlah atau lanjutkanlah sholat dengan duduk.

Hal ini sebagaimana diterangkan dalam satu riwayat, suatu ketika Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam masuk ke masjid. Ia melihat ada tali memanjang yang diikat antara dua tiang. Rasulullah melihatnya dengan heran, lalu bertanya kepada para sahabat yang kebetulan ada di sana, "Tali apakah kiranya ini?" Orang-orang menjawab, "Milik Zainab binti Jahsy radhiyallahu anha."

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bertanya, "Untuk apakah dia merentangkan tali seperti itu?" Orang-orang menjawab, "Jika ia merasa lelah dalam mengerjakan sholat, maka dia menggantung pada tali itu." Rasulullah kemudian menyuruh untuk melepaskan tali itu. "Jangan, lepaskan tali itu. Hendaknya di antara kalian sholat sesuai dengan kemampuan saja. Jika lelah dan tidak mampu berdiri, bisa sholat dengan duduk." (HR Bukhari)

Baca juga: Duo Mualaf Cantik Bagikan Kiat-Kiat Hadapi Keluarga yang Menentang 

Dari kisah-kisah tersebut, Tamara menegaskan bahwa mendirikan sholat tahajud merupakan hal yang penting. Sebagai penutup, ia pun mengajak kaum Muslimin agar segera mendirikan sholat tahajud untuk meneruskan keteladan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

"Sekarang mari kita tanyakan pada diri kita sendiri untuk setidaknya sedikit saja berusaha mendirikan sholat tahajud agar kita juga bisa tumbuh pada jalan yang terang sebagaimana pendahulu kita," pungkasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: 5 Aktor Ganteng Hollywood Beragama Islam, Jago Akting dan Berprestasi 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya