Share

Kisah Konjen dan Dubes Inggris Masuk Islam di Tanah Suci, Alasannya Tak Terduga

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 18 November 2021 07:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 17 621 2503481 kisah-konjen-dan-dubes-inggris-masuk-islam-di-tanah-suci-alasannya-tak-terduga-mo5sTIqfb0.jpg Kisah Konjen Inggris Seif Usher jadi mualaf. (Foto: YouTube Hidayatullah TV)

HIDAYAH Islam bisa datang kepada siapa pun. Tidak peduli asal, jabatan, maupun agama sebelumnya. Inilah yang dialami Konsul Jenderal atau Konjen Inggris yang berdinas di Kota Jeddah, Arab Saudi, masuk Islam dan mengubah namanya menjadi Seif Usher.

Dikutip dari kanal YouTube Hidayatullah TV, Kamis (18/11/2021), nama itu mengambil gelar dari Panglima Khalid bin Walid yakni Saifulah al Maslul yang artinya "Pedang Allah yang terhunus".

Baca juga: Dilantik Jadi Panglima TNI, Ini Perjalanan Spiritual Jenderal Andika Perkasa hingga Jadi Mualaf 

Setelah menjadi Muslim, ada cita-cita yang dipaparkan Seif yakni berharap semoga makin banyak jamaah haji dan umrah yang datang ke Kota Suci setelah pandemi covid-19 mereda.

"Saya juga menantikan kembali para jamaah Inggris ke Madinah Munawarrah," kata Seif.

Kisah Konjen Inggris Seif Usher jadi mualaf. (Foto: YouTube Hidayatullah TV)

Ia melanjutkan, sebelum krisis covid-19, setiap tahun ada lebih dari 100 ribu jamaah dari Inggris yang datang ke Tanah Suci. Seif yakin jumlah itu meningkat seiring perkembangan fasilitas dan infrastruktur yang luar biasa di wilayah Kerajaan Arab Saudi.

Baca juga: Momen Indah Pangeran Ghana Mualaf Dihadiahi Jubah oleh Imam Masjidil Haram, Netizen: Akhlak Mulia 

Sebelum Seif Usher, ternyata ada Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Arab Saudi bernama Simon Collis yang lebih dulu masuk Islam. Keputusan dia masuk Islam tidak banyak diketahui rekan-rekannya sesama diplomat Inggris hingga beredar foto dirinya dan istri mengenakan pakaian haji yang diunggah ke Twitter 5 tahun lalu.

Peristiwa naik hajinya Collis mendapat liputan dari media-media utama di Indonesia. Mengutip Daily Mail, dia masuk Islam pada 2011. Setelah bersyahadat, Collis tidak mengubah namanya atau menambahkannya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sebelum menjadi duta besar, ia menjabat wakil kepala misi di Amman, Yordania, periode 1996–1999. Kemudian Collis menjadi pejabat konsul di Basra Irak pada 2004–2005. Sebelumnya, dia sempat tinggal di Dubai selama 4 tahun.

Sejak Januari 2015, Collis menempati pos barunya di Riyadh, Arab Saudi. Dari perjalanan kariernya, ayah lima anak ini merupakan diplomat senior Inggris yang sebagian besar kariernya dijalani di Timur Tengah.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Kisah Mualaf Angel Lelga, Tahu Tujuan Hidup Semenjak Jadi Muslimah 

Dubes Inggris untuk Arab Saudi Simon Collis dan istrinya Huda Majarkech jadi mualaf. (Foto: Twitter)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini