Teliti Agama-Agama Lain, Dosen Cantik Ini Justru Yakin Jadi Mualaf

Biladi Muhammad Wiragana, Jurnalis · Senin 22 November 2021 01:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 21 621 2505262 teliti-agama-agama-lain-dosen-cantik-ini-justru-yakin-jadi-mualaf-X5i1MlQgi4.jpg Dosen cantik Australia Susan Carland menceritakan perjalanannya menjadi mualaf. (Foto: Hidayatullah TV)

TOKOH berpengaruh Australia, Susan Carland, ternyata seorang mualaf. Ia sebelumnya berasal dari keluarga Kristen yang taat agama. Dosen sosiologi di Universitas Monash Australia tersebut bahkan sempat dilarang menikah dengan pria Muslim.

Perjalanan mualaf yang dialami Susan Carland tidaklah mudah. Dirinya yang merupakan anak "broken home" dan memilih mengikuti ibunya. Ia kemudian diikutsertakan dalam organisasi kegerejaan agar lebih taat pada agama Kristen.

Baca juga: Tidak Percaya Tuhan, Pria Kaya Raya Ini Dapat Hidayah Islam saat Pesta Minuman 

Dosen cantik Australia Susan Carland jadi mualaf. (Foto: Hidayatullah TV)

Namun, Susan yang ingin lebih mengenal Tuhan belajar beberapa agama lain di luar Kristen. Sayangnya, itu tidak termasuk agama Islam.

"Karena agama ini bagi saya terlihat asing dan penuh kekerasan," ungkap Susan kala itu, seperti dikutip dari kanal YouTube Hidayatullah TV, Senin (22/11/2021).

Baca juga: Kisah Bikers Cantik Mantap Jadi Mualaf Usai Jelajahi Negara-Negara Islam 

Bahkan, ibunya sendiri lebih memilih anaknya menikahi pengedar narkoba dibandingkan dengan pria Muslim.

Namun kejadian yang tidak direncanakan menjadikan diri Susan lebih ingin mengenal Islam. Ini berawal dari sebuah ketidaksengajaan dia menonton acara televisi yang membahas mengenai ajaran agama Islam.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sejak saat itulah Susan mulai mencari artikel maupun tulisan mengenai agama Islam. Di dalam agama Islam inilah dia menemukan sebuah kedamaian hidup serta kelembutan hati. Mulai titik itulah dirinya mantap untuk bermualaf.

Perjalanan Susan tidaklah mudah. Bahkan, keislamannya sempat dia tutupi kepada ibunya. Tetapi takdir berbicara lain, Susan dihadapkan dengan jamuan makan malam seeokor babi yang hukumnya haram jika dikonsumsi Muslimin.

Baca juga: Kisah Veteran Amerika Jadi Mualaf Setelah Takluk oleh Alquran 

Akhirnya susan memilih berterus terang. Tetapi reaksi ibunya sangatlah di luar dugaan. Sang ibu yang dikiranya anti-Islam, justru memeluk Susan dengan sangat erat.

Perjalanan Islam di lingkungan sekitarnya pun dilalui dengan penuh cacian dan makian. Namun akhirnya setelah berjalan 5 tahun, Susan Carland mendapat teman Muslim maupun non-Muslim.

Baca juga: Cerita Gadis Cantik Jadi Mualaf dari Coba-Coba Pakai Hijab 

Selain disibukan dengan mengajar, Susan pun aktif dalam organisasi nonprofit untuk memajukan nilai kemanusiaan yang dia pegang. Sehingga pada 2004, dirinya dinobatkan sebagai tokoh Muslim berpengaruh di Australia dengan hadiah 2 ribu dolar. Uang tersebut tidak dia terima, melainkan disumbangkan ke badan amal dan organisasi non-Muslim.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya