Pasang Susuk Hukumnya Dosa Besar, Ini Alasannya

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 24 November 2021 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 24 330 2506646 pasang-susuk-hukumnya-dosa-besar-ini-alasannya-2s1SFbkGiP.jpg Ilustrasi hukum memasang susuk dosa besar. (Foto: Shutterstock)

SETIAP Muslim pasti sudah mengetahui bahwa menanam susuk di anggota tubuh hukumnya dosa besar. Ini dilakukan supaya pelakunya terlihat sempurna di hadapan orang lain. Padahal, perbuatan tersebut sangat dilarang oleh Allah Subhanahu wa ta'ala.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

انما الاعمال بالنيات وانما لكل امرئ ما نوى رواه البخارى

Artinya: "Segala sesuatu tergantung pada niatnya, dan apa yang didapatkan ialah apa yang telah diniatkan." (HR Bukhari)

Baca juga: Viral Zikir Sambil Jingkrak-Jingkrak, Netizen: Innalillahi Wainnailaihi Rojiun 

Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin menjelaskan maksud hadis tersebut yaitu segala sesuatu tergantung pada niat atau tujuannya melakukan hal tersebut. Misalnya, seseorang memasang susuk karena merasa kurang percaya diri.

Terlebih lagi tindakan memasang susuk dengan alasan terlihat cantik karena rasa tidak puas akan karunia Allah Subhanahu wa ta'ala adalah dosa.

Baca juga: Viral Bocah Wanita Merdu Sambung Ayat dari Pak Camat Depok, Netizen: Semoga Allah Selalu Memberkahi 

Selain itu ketika dia memakai susuk dengan mantra-mantra atau perantara makhluk lain yang sangat berbahaya. Bahkan akan menyebabkan kerusakan pada raga dan jiwanya, akibat persekutuannya dengan jin atau setan.

"Jika dia melakukan itu karena merasa kurang cantik dan kurang atas pemberian atau karunia Allah atas fisik dan tubuhnya, jelas dia mengingkari nikmat Allah. Ini adalah bagian dari dosa besar, syirik, atau menyekutukan Allah. Menghipnotis orang lain dengan tipu daya susuk agar orang terperdaya aura atau khasiat susuk tersebut," ujar Ustadz Ainul Yaqin.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Seperti dijelaskan dalam Surah Ibrahim Ayat 7 yang membahas tentang azab Allah Subhanahu wa ta'ala bagi siapa saja yang tidak bersyukur, yaitu:

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Artinya: "Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: 'Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih'." (QS Ibrahim: 7)

Baca juga: Miliki Konsep Unik, Masjid Sultan Maulana Mahmud Zakaria Dibangun di Pulau Panjang 

Lantas, bagaimana agar terlihat cantik luar dan dalam?

Ustadz Ainul Yaqin menerangkan, apabila ingin terlihat cantik dan wajah lebih bercahaya yaitu dengan menjaga berwudu, sholat tahajud, berzikir, hingga menyebut asma-asma Allah Subhanahu wa ta'ala.

Ia menuturkan, "Insya Allah kebutuhan kita terkait jodoh agar pasangan yang bahagia (setia), termasuk agar kita selalu tampil cantik atau ganteng di depan pasangan akan dimudahkan Allah Subhanahu wa ta'ala. Ada fasilitas dari Allah, kita harus gunakan dengan maksimal yakni doa."

"Jangan melakukan hal-hal yang malah menyesatkan diri kita untuk jauh dari rasa bersyukur kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Terlebih lagi bersekutu dengan jin dan setan. Naudzubillah min dzalik," pungkasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Bolehkah Istri Mencium Kemaluan Suami? Ini Kata Ustadz Khalid Basalamah 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya