Kisah Mualaf Marcell Darwin: Enggak Ada yang Memaksa, Tiba-Tiba Ngomong Mau Jadi Imam

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 30 November 2021 19:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 30 621 2509753 kisah-mualaf-marcell-darwin-enggak-ada-yang-memaksa-tiba-tiba-ngomong-mau-jadi-imam-JMRcdVDn2X.jpg Kisah mualaf Marcell Darwin. (Foto: Instagram @marcelldarwin)

KISAH mualaf Marcell Darwin patut diketahui banyak orang karena sangat menginspirasi. Sudah lebih dari satu tahun ini ia mantap menjadi mualaf. Bahkan, tahun lalu dirinya dan sang istri Nabila Faisal sudah menjalankan puasa selama satu bulan penuh.

Namun hingga kini sebagian orang masih bertanya-tanya, apa alasan Marcell Darwin hingga akhirnya mantap menjadi mualaf. Banyak rumor yang menyatakan ia menjadi mualaf karena ingin menikahi Nabila yang merupakan seorang Muslimah sejak lahir.

Baca juga: Kisah Mualaf Cantik Nova Hasanah, Diusir Hanya Bawa Rp20 Ribu dan Sehelai Baju Sekolah 

Akan tetapi, Marcell sendiri masih bingung, mengapa dirinya menjadi mualaf. Aktor ganteng ini mengaku tidak ada ajakan apalagi paksaan dari pihak mana pun agar dirinya pindah dari agama sebelumnya ke Islam.

Ilustrasi kisah mualaf Marcell Darwin.

"Kenapa alasan gue menjadi seorang mualaf, sampai saat ini pun gue enggak tahu kenapa. Apa ini panggilan, tapi gue enggak merasa terpanggil," kata Marcell Darwin, seperti dikutip dari kanal YouTube The Darwins, Selasa (30/11/2021).

"Enggak ada yang memaksa gue menjadi seorang mualaf. Termasuk Nabila, enggak pernah memaksakan hal itu," tambahnya.

Baca juga: Kisah Dosen Universitas Cambridge Jadi Mualaf Usai Lihat Muslim Sholat dan Dengar Murotal 

Menurut Marcell, tidak ada alasan terpenting mengapa ia akhirnya menjadi mualaf. Kebetulan kala itu Marcell ingin menikahi Nabil yang menjadi kekasihnya.

"Tiba-tiba saja ngomong sama dia (Nabila), 'Sayang, aku mau jadi imam kamu dan kepala keluarga kita.' Dia kaget karena bener-bener gua enggak tahu dan gua mau," terangnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Pertama kali Marcell menjadi mualaf dibimbing oleh saudara Nabila yang juga seorang ustadz. Sejak masuk Islam, dia perlahan mempelajari semuanya. Mulai bacaan sholat, doa-doa, hingga kini mampu membaca surah-surah pendek.

Selain itu, Marcell juga sering menjadi imam ketika sholat berjamaah dengan Nabila di rumah. Istrinya pun tidak keberatan, malahan sering membantu Marcell untuk membetulkan bacaan-bacaan sholat.

Baca juga: Cerita Profesor Matematika Jadi Mualaf Usai Temukan Alquran di Meja 

"Kayak gue sholat pun dituntun sama Nabila. Alhamdulillah gue sudah hafal tiga surah pendek, jadi bisa ngimamin Nabila," ujarnya.

Sejak jadi mualaf, hatinya sangat senang. Kini Marcell masih banyak belajar tentang Islam, dan ia memilih mempelajari hal-hal dasar. Sebab, dirinya tidak mau nantinya banyak kepala yang berbeda-beda, sementara dirinya belum siap.

"Gue masih belajar bacaannya dulu, sholatnya dulu. Jadi gue enggak mau langsung terjun ke yang paling dalam dulu, buat apa? Takutnya gue gak bisa terima hal seperti itu," tuturnya.

Sementara Nabila mengatakan menjadi pengalaman yang luar biasa di hidupnya karena kini ia dipimpin oleh seorang mualaf. Di mana sebelumnya ia belajar dan di-imami oleh orang-orang yang lebih paham akan Islam.

Baca juga: Kisah Jurnalis Cantik Australia Mantap Jadi Mualaf Usai Wawancarai Tokoh Muslimah 

Kemudian di step selanjutnya, kata Nabila, setelah menghafal doa-doa yang dihafalkan Marcell kurang dari satu bulan, kini suaminya itu ingin belajar mengaji.

"Jadi step selanjutnya mau belajar ngaji. Kalau puasa udah. Marcell belum bisa nerima informasi yang terlalu banyak. Jadi step by step," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya