Share

Hari AIDS Sedunia, MUI Bekali 1.000 Dai Khutbahkan Pencegahan AIDS

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 01 Desember 2021 18:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 01 614 2510349 hari-aids-sedunia-mui-bekali-1-000-dai-khutbahkan-pencegahan-aids-jZeXAk53hs.jpg Ilustrasi khutbah pencegahan AIDS. (Foto: Dok Okezone)

HARI AIDS Sedunia diperingati setiap tanggal 1 Desember. Ini dijadikan momen untuk menanggulangi penyakit berbahaya tersebut. Salah satunya dilakukan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Melalui sisi agama Islam, mereka akan turut mencegah persebaran AIDS.

Komisi Layanan Kesehatan Risiko Bencana dan Komisi Dakwah MUI Sulsel menggelar webinar pembekalan tentang penanggulangab AIDS kepada 1.000 dai. Mereka akan dibekali untuk mengkhutbahkan kesadaran dan upaya mencegah persebaran AIDS.

Baca juga: Seluruh Tubuh Istri Boleh Dicumbu untuk Bangkitkan Gairah kecuali Bagian Ini, Ustadz Khalid Basalamah Ungkap Alasannya 

Hari AIDS Sedunia. (Foto: Shutterstock)

Webinar tersebut kerja sama dengan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Sulawesi Selatan sebagai upaya pencegahan penyakit AIDS melalui mimbar khutbah Sholat Jumat. Kegiatan ini dilaksanakan pada 1 Desember secara hybrid di Gedung RRI Makassar.

Kegiatan ini bertujuan menyosialisasikan materi khutbah Jumat sehingga para dai bisa memahami serta dakwahkan informasi penanggulangan AIDS melalui Khutbah Jumat selama Desember.

Baca juga: Terungkap! Ini Asal-usul Lombok Dijuluki Pulau Seribu Masjid 

"Kami juga menghadirkan pakar kesehatan menyampaikan materi sehingga peserta lebih mudah memahaminya. Adapun target peserta sampai 1.000 orang," jelas Ketua Komisi Layanan Kesehatan dan Risiko Bencana MUI Sulsel Ardadi SFarm MKes, seperti dikutip dari laman resmi MUI, Rabu (1/12/2021).

Ia menambahkan, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pencegahan dan penularan HIV serta penanggulangan AIDS yang terjadi seluruh lapisan masyarakat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sementara anggota Komisi Dakwah dan Pengembangan Umat MUI Sulsel Drs KH Hasbuddin Halik Lc MA juga menyampaikan apresiasi dan dukungan terhadap kegiatan ini. Menurut dia, tak hanya webinar dilaksanakan di tingkat provinsi, tapi sebaiknya juga dilaksanakan di tingkat kabupaten/kota.

"Kita juga berharap materi khutbah tentang HIV AIDS nanti difokuskan pada setiap masjid besar terutama di setiap kecamatan di Sulsel," ujarnya.

Baca juga: Hukum Oral Seks dalam Islam, Boleh atau Haram? Ini Kata Ustadz Khalid Basalamah 

Hasbuddin menambahkan, penyakit AIDS bukan merupakan kutukan tapi merupakan kesalahan manusia itu sendiri.

"Hal ini sudah diterangkan Allah dalam Quran: 'Kebajikan apa pun yang kamu peroleh adalah dari sisi Allah dan keburukan apa pun yang menimpamu itu dari kesalahan dirimu sendiri'." (QS An-Nisa: 79)," jelasnya.

Baca juga: Ustadz Adi Hidayat Ungkap Ada Bahasa Indonesia Tertulis Jelas di Alquran 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini