Gunung Meletus Tanda Kiamat Makin Dekat? Ini Kata Ustadz Abdul Somad

Biladi Muhammad Wiragana, Jurnalis · Senin 06 Desember 2021 14:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 330 2512651 gunung-meletus-tanda-kiamat-makin-dekat-ini-kata-ustadz-abdul-somad-iNNDuCkMpo.jpeg Ustadz Abdul Somad membahas musibah gunung meletus yang dikaitkan dengan tanda-tanda kiamat makin dekat. (Foto: YouTube Tamansurga.net)

BENCANA alam gunung meletus terus terjadi. Terkini, Gunung Semeru meletus pada Sabtu 4 Desember 2021 sore dan membuat warga di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, menjadi terdampak. Ustadz Abdul Somad (UAS) pun menjelaskan timbulnya musibah bencana alam ini.

Ustadz Abdul Somad mengatakan belakangan ini banyak terjadi musibah kebakaran hutan, banjir bandang, banjir rob, hingga meletusnya gunung berapi. Hal itu bisa menjadi tanda-tanda manusia telah berada di ujung peradaban.

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Alquran dan Sains Ungkap Gunung Selalu Bergerak Dinamis 

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Gus Miftah: Perbanyak Zikir Sambil Minta Pertolongan Allah 

"Sudah lama terjadi, tetapi hari ini terjadi lebih banyak lagi di banyak-banyak tempat," ungkap UAS, seperti dikutip dari kanal Youtube Taman Surga.net, Senin (6/12/2021).

Hal tersebut pun juga tercantum di dalam kitab suci Alquran Surah Az-Zalzalah Ayat 1 dan 2:

اِذَا زُلۡزِلَتِ الۡاَرۡضُ زِلۡزَالَهَا

وَاَخۡرَجَتِ الۡاَرۡضُ اَثۡقَالَهَا

"Apabila bumi diguncangkan dengan guncangan yang dahsyat, dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)-nya." (QS Al Zalzalah: 1–2)

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Aa Gym: Semoga Allah Menjaga dan Menunjukkan Hikmah 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

UAS melanjutkan, bencana alam tersebut bisa menjadi tanda dari Allah Subhanahu wa ta'ala yang segera menyelesaikan kehidupan di muka bumi ini.

Dirinya juga mengatakan bahwa tanda-tanda tersebut janganlah membuat umat manusia menjadi berhenti melakukan aktivitas. Harus tetap beramal karena jikalau meninggal kelak maka amal-amal tersebut akan dibawa ke hadapan Allah Azza wa Jalla.

Baca juga: Erupsi Gunung Semeru, Ustadz Das'ad Latif: Doa Penting, Bantuan Juga Sangat Dibutuhkan 

"Bukan membuat kita lalu berhenti beramal, tetapi membuat makin bersemangat beramal, karena ternyata alam akan berakhir, rumah yang besar akan hancur, kereta (mobil) tidak dibawa serta, yang dibawa hanya iman," ucap Ustadz Abdul Somad.

Sebagaimana diketahui, erupsi Gunung Semeru kembali membuka mata manusia betapa mudahnya peradaban manusia hancur. Apa yang telah manusia bangun bertahun-tahun rusak hanya dengan sekejap mata.

Baca juga: Istri Belum Mandi Besar Usai Haid, Bolehkah Jimak? Ini Kata Buya Yahya 

Ini mengingatkan semua Muslim untuk lebih giat melakukan amal salih yang terbaik. Pasalnya, kelak amalan tersebut yang akan menyelamatkan di akhirat.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya