Share

Rombongan Sahabat Nabi Sempat ke Indonesia ketika Hijrah? Ini Kata Ustadz Adi Hidayat

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 17 Desember 2021 10:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 17 614 2518426 rombongan-sahabat-nabi-sempat-ke-indonesia-ketika-hijrah-ini-kata-ustadz-adi-hidayat-5yNTLswVqd.jpg Ustadz Adi Hidayat mengungkap rombongan sahabat Nabi sempat ke Indonesia ketika hijrah. (Foto: YouTube Audio Dakwah)

ROMBONGAN sahabat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam disebut sempat ke Indonesia sebelum hijrah sampai di Madinah. Hal ini diungkapkan oleh Ustadz Adi Hidayat (UAH) dalam sebuah dakwahnya. Ia mengatakan ini karena dianggap tidak banyak diketahui atau jarang disebutkan dalam sejarah.

Hijrah Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wassallam dan para sahabat dari Makkah ke Madinah merupakan peristiwa bersejarah bagi umat Islam.

Baca juga: Ustadz Adi Hidayat Ungkap Prabu Siliwangi Beragama Islam, Ini Buktinya 

"Ikutlah sebagian rombongan sahabat pada ekspedisi itu. Singgahlah di Kota baros tadi dan menyebarkan risalah Islam di daerah Baros sampai menyebar ke wilayah Nusantara," ujar Ustadz Adi Hidayat, dikutip dari kanal YouTube Audio Dakwah, Jumat (17/12/2021).

Sebelumnya Ustadz Adi mengatakan dalam satu ceramahnya bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam menerima wahyu pada tahun 610 masehi dalam usia 40 tahun. Pada fase awal 5 tahun pertama, Nabi berdakwah secara sembunyi-sembunyi dengan bimbingan Allah Subhanahu wa ta'ala pada tahun 615 masehi.

Baca juga: 9 Artis yang Mantap Kenakan Hijab pada Tahun Ini, Jadi Tambah Cantik dan Modis 

Kala itu Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam berdakwah secara terang-terangan, namun mendapatkan perlawanan keras dari kaum kafir Quraisy dan adanya penyiksaan terhadap sahabat Nabi. Maka Rasulullah meminta para sahabat yang dipimpin Ja'far bin Abi Thalib Radhiyallahu anhu untuk hijrah ke Habsyah (Ethiopia).

"Nabi meminta sebagian para sahabat bagi yang berhijrah mendapatkan syafaat yang baik untuk menyelaraskan dan lanjutkan delegasi keislaman. Tahun 615 hijriah menjadi gelombang pertama sahabat Nabi dipimpin oleh Jafar bin Abi Thalib Radhiyallahu anhu ke satu negeri disebut dengan Habsyah," sambungnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dari perjalanan hijrah ke Habsyah inilah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam dan sahabat mulai mengembangkan dakwah Islamiyah. Ketika diperlakukan baik di Habsyah, sebagian sahabat melanjutkan ekspedisinya. Rombongan sahabat bertolak dari Ethiopia menuju negeri China.

Kemudian melakukan perjalanan menuju China, para sahabat singgah di Kota Barus. Mereka menebarkan risalah Islam hingga menyebar ke Aceh, Pulau Jawa, hingga ujung Papua. Bahkan dakwah para sahabat ini sampai ke Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, dan Thailand Selatan.

Baca juga: Alquran Surah Yunus Ayat 1-109 Lengkap Terjemahan Latin dan Artinya 

Jika ditanya kapan fase penyebaran Islam di Nusantara, maka jawabannya yakni abad ke-7 masehi ketika rombongan sahabat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam datang ke Barus. Perjalanan sejarah ini ternyata tidak banyak terungkap.

Sekadar informasi, Barus adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Indonesia. Ibu kota kecamatan ini berada di Kelurahan Padang Masiang. Barus sebagai kota emporium dan pusat peradaban pada abad 1–17 masehi.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Ini Amalan Hari Jumat yang Bikin Dekat dengan Nabi ketika Kiamat 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini