Share

5 Keutamaan Wudhu Sebelum Tidur, Salah Satunya Membersihkan dari Dosa

Ahmad Haidir, Jurnalis · Jum'at 24 Desember 2021 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 24 330 2522159 5-keutamaan-wudhu-sebelum-tidur-salah-satunya-membersihkan-dari-dosa-SMfVLu5p7p.jpg Ilustrasi keutamaan wudhu sebelum tidur. (Foto: Shutterstock)

WUDHU merupakan amalan yang selalu dikerjakan kaum Muslim. Wudhu menjadi salah satu kewajiban yang harus ditunaikan sebelum sholat karena menyucikan tubuh dari najis.

Selain wajib sebelum sholat, wudhu sebelum tidur juga merupakan sebuah sunah tersendiri yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam karena memiliki sejumlah keutamaan.

Baca juga: 10 Kesalahan ketika Wudhu yang Bisa Batalkan Sholat, Wajib Dihindari 

Hal tersebut sebagaimana disebutkan dalam hadis berikut ini:

"Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan sholat." (HR Bukhari dan Muslim)

Lantas, apa saja keutamaan menerapkan sunah tersebut? Berikut ini lima keutamaan wudhu sebelum tidur, seperti dikutip dari kanal YouTube NS BOR Channel, Jumat (24/12/2021).

1. Didoakan oleh malaikat

Keistimewaan pertama adalah bagi Muslimin yang wudhu sebelum tidur adalah sepanjang malam dirimu akan didoakan oleh malaikat! Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam:

"Barang siapa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudhu) maka malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya malaikat itu akan berucap: 'Ya Allah ampunilah hamba-Mu si fulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci'." (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar)

Baca juga: Terungkap! Ini Waktu Mustajab untuk Berdoa di Hari Jumat 

2. Bersih dari noda dosa

Membersihkan tubuh dari noda dosa menjadi keistimewaan dalam berwudhu. Jadi apabila seseorang melakukannya sebelum tidur, tentu ia mendapat keuntungan tersendiri. Hal ini sebagaimana hadis:

"Apabila seorang Muslim atau mukmin berwudhu kemudian mencuci wajahnya, maka akan keluar dari wajahnya tersebut setiap dosa pandangan yang dilakukan kedua matanya bersama air wudhu atau bersama akhir tetesan air wudhu. Apabila ia mencuci kedua tangannya, maka akan keluar setiap dosa yang dilakukan kedua tangannya tersebut bersama air wudhu atau bersama akhir tetesan air wudhu. Apabila ia mencuci kedua kaki, maka akan keluar setiap dosa yang disebabkan langkah kedua kakinya bersama air wudhu atau bersama tetesan akhir air wudhu, hingga ia selesai dari wudhunya dalam keadaan suci dan bersih dari dosa-dosa." (HR Muslim Nomor 244)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Anggota tubuh bercahaya saat kiamat

Bagi Muslimin yang rutin menjaga wudhu niscaya anggota tubuhmu akan bercahaya saat hari kiamat kelak. Keistimewaan tersebut tertuang dalam dua hadis berikut:

"Sesungguhnya umatku akan dipanggil pada hari kiamat nanti dalam keadaan dahi, kedua tangan dan kaki mereka bercahaya, karena bekas wudhu." (HR Al Bukhari Nomor 136 dan Muslim Nomor 246)

"Tahukah kalian bila seseorang memiliki kuda yang berwarna putih pada dahi dan kakinya di antara kuda-kuda yang yang berwarna hitam yang tidak ada warna selainnya, bukankah dia akan mengenali kudanya? Para shahabat menjawab: 'Tentu wahai Rasulullah.' Rasulullah berkata: 'Mereka (umatku) nanti akan datang dalam keadaan bercahaya pada dahi dan kedua tangan dan kaki, karena bekas wudhu mereka'." (HR Muslim Nomor 249)

Baca juga: Kisah Hijrah Bos JakCloth, Datangkan Jutaan Pengunjung Setelah Hilangkan Panggung Musik 

4. Mengangkat derajat di sisi Allah

Keistimewaan berwudhu selanjutnya sehingga Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam sangat menganjurkan untuk melakukannya sebelum tidur adalah seseorang akan diangkat derajatnya di sisi Allah Subhanahu wa ta'ala jika mengamalkannya. Rasulullah bersabda:

"Maukah kalian aku tunjukkan suatu amalan yang dengannya Allah akan menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajatnya. Para sahabat berkata: 'Tentu, wahai Rasulullah.' Kemudian Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda: 'Menyempurnakan wudhu walaupun dalam kondisi sulit, memperbanyak jalan ke masjid, dan menunggu sholat setelah sholat, maka itulah yang disebut dengan ar-ribath." (HR Muslim)

Baca juga: Kisah Haru Putri Raja Bali Jadi Mualaf, ketika Wafat Mengeluarkan Asap Harum 

5. Dikabulkan permintaannya

Apabila sedang mengalami sebuah hari yang sulit, cobalah menutupnya dengan berwudhu sebelum tidur. Hal ini karena seseorang yang mengambil air wudhu sebelum terlelap semalaman akan dikabulkan doanya.

Dalam riwayat sahabat Mu’adz bin Jabal dijelaskan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Tidaklah seorang Muslim tidur di malam hari dalam keadaan dengan berzikir dan bersuci, kemudian ketika telah terbangun dari tidurnya lalu meminta kepada Allah kebaikan dunia dan akhirat, melainkan pasti Allah akan mengabulkannya."

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini