Share

Uji Coba Pelaksanaan Umrah, Amphuri Berangkatkan Tim Pendahulu ke Arab Saudi

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 24 Desember 2021 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 24 614 2521838 uji-coba-pelaksanaan-umrah-amphuri-berangkatkan-tim-pendahulu-ke-arab-saudi-EniwGuCRbq.jpg Ilustrasi pelaksanaan ibadah umrah. (Foto: SPA/Reuters)

GUNA memastikan pelaksanaan ibadah umrah, Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) memberangkatkan Tim Pendahulu Mitigasi Sistem Umrah ke Arab Saudi. Mereka bertugas melakukan uji coba serta mempelajari langsung tata cara pelaksanaan umrah yang disepakati Pemerintah Arab Saudi dan Indonesia.

"Berdasarkan kesepakatan antara Kementerian Agama bersama asosiasi penyelenggara umrah, maka pada Kamis 23 Desember malam tim advance terbang ke Saudi. Sebanyak 25 orang perwakilan asosiasi yang tergabung dalam tim, 5 orang di antaranya dari AMPHURI," ungkap Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Amphuri Firman M Nur, dikutip dari Antara, Jumat (24/12/2021).

Baca juga: Ribuan Mata Uang Islam Dipamerkan di Arab Saudi, Berasal dari Dinasti Umayyah hingga Ottoman 

Ia menerangkan bahwa keberangkatan tim yang terdiri dari lintas asosiasi penyelenggara umrah ini dilangsungkan guna mempelajari langsung setiap tahapan pelaksanaan umrah pada masa pandemi covid-19. Termasuk konektivitas sistem dan teknis aplikasi pelaksanaan umrah kedua negara yakni Siskopatuh dan PeduliLindungi untuk Indonesia serta Tawakalna untuk Arab Saudi.

Firman menyebutkan sebanyak 25 orang sebagai perwakilan asosiasi, adapun 5 orang di antaranya berasal dari Amphuri.

Baca juga: Alquran Surah Al Hijr Ayat 1-99 Lengkap Terjemahan Latin Beserta Artinya 

Dia melanjutkan, jika keberangkatan tim tersebut dinyatakan berhasil, keberangkatan umrah selanjutnya akan dimulai dengan para pimpinan PPIU yang sudah dijadwalkan sebelumnya akibat kebijakan Pemerintah Indonesia.

"Baru setelah itu kami akan bisa memberangkatkan jamaah umrah di awal tahun nanti," ujar Firman.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sementara Wakil Ketua Umum AMPHURI Azhar Ghazali mengatakan bahwa proses dan tahapan yang dilalui seluruh tim advance dimulai sejak karantina dan skrining kesehatan di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta.

Kemudian setibanya di Arab Saudi nanti akan menjalani karantina selama tiga hari dan tes PCR di Jeddah. "Setelah itu kami berangkat ke Madinah dan selanjutnya ke Makkah. Tim direncanakan kembali ke Tanah Air pada 1 Januari 2022," paparnya.

Baca juga: Simak! Tips Selalu Khatam Baca Surah Al Kahfi Setiap Hari Jumat 

Azhar menegaskan keberhasilan dari keberangkatan tim sebagai duta bangsa tersebut akan menentukan pelaksanaan umrah bagi jamaah nantinya, termasuk pelaksanaan haji.

Dia berharap misi uji coba itu tidak membawa kasus covid-19 hingga kepulangan nanti. Sehingga, mampu memberikan hasil yang maksimal dengan membawa bahan evaluasi untuk persiapan pemberangkatan jamaah umrah Indonesia.

Baca juga: Berpahala Besar, Ini 8 Sunah di Hari Jumat yang Sayang jika Dilewatkan 

"Kami berkomitmen untuk disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan covid-19 sejak berangkat sampai dengan kepulangan," pungkasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini