Share

Malam Tahun Baru, Jakarta Islamic Center Adakan Zikir dan Muhasabah Bersama

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 31 Desember 2021 16:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 31 614 2525642 malam-tahun-baru-jakarta-islamic-center-adakan-zikir-dan-muhasabah-bersama-yJJlydTqxD.jpg Masjid Jakarta Islamic Center (JIC). (Foto: MNC Portal)

JAKARTA Islamic Centre (JIC) pada malam Tahun Baru 2022 nanti mengadakan kegiatan zikir dan muhasabah bersama. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat 31 Desember 2021 mulai bakda Ashar bertempat di ruang ibadah utama Masjid Raya Jakarta Islamic Centre.

Kepala Unit Pengelola Kawasan JIC Ahmad Juhandi mengatakan kegiatan zikir dan muhasabah akhir tahun dilaksanakan setiap tahun. Pada tahun-tahun sebelumnya, tepatnya ketika sebelum pandemi covid-19, biasanya kegiatan tahun baru di JIC berkolaborasi dengan stasiun TV nasional dan dai kondang, serta acaranya dihadiri ribuan orang.

Baca juga: Masya Allah, Malam Tahun Baru di Labura Akan Diisi Zikir dan Doa Bersama 

"Karena masih masa pandemi, pada akhir tahun ini kita adakan secara sederhana dengan jamaah yang terbatas," jelas Juhandi dalam keterangan resmi yang diterima MNC Portal, Jumat (31/12/2021).

Pada Tahun Baru 2022 ini JIC menghadirkan Dr Syekh Amar al Jailani al Hasani yang merupakan ulama dari Palestina sekaligus cucu dari Syekh Abdul Qadir Jailani.

Baca juga: Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun, Adakah Tuntunannya? 

Selain itu, lanjut dia, para jamaah yang hadir harus menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Mulai memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak agar tidak terjadi kerumunan, dan sudah divaksin.

Ia menjelaskan, kegiatan ini untuk memohon kepada Allah Subhanahu wa ta'ala demi keselamatan bangsa dan negara dari segala macam pandemi serta musibah. Juga untuk menghindari hura-hura di malam tahun baru.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Setelah kegiatan zikir dan muhasabah di kawasan JIC akan ditutup untuk umum. Pintu gerbang dikunci dimulai setelah Sholat Magrib pukul 19.00 WIB dan dibuka kembali pada pukul 07.00 WIB Sabtu 1 Januari 2022. Pengecualian bagi jamaah Sholat Isya dan Subuh masih diperkenankan memasuki kawasan JIC.

Baca juga: Sejarah Kalender Hijriah vs Masehi, Umat Islam Wajib Tahu 

Juhandi menjelaskan, penutupan ini untuk menghindari kawasan JIC menjadi pusat keramaian puncak tahun baru. Hal tersebut dikarenakan pandemi masih belum berakhir.

"Kita semua ikut menjaga agar penularan covid-19 varian baru yang begitu cepat tidak terjadi di negara kita," pungkasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Abu Nawas Diusir dari Kampung Gara-Gara Mimpi Raja, tapi Bisa Pulang dengan Cara Unik 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini