Share

Muslim yang Taat, Asnawi Mangkualam Ungkap Cobaan Terberat Berkarier di Luar Negeri

Kevi Laras, Jurnalis · Rabu 05 Januari 2022 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 05 614 2527618 muslim-yang-taat-asnawi-mangkualam-ungkap-cobaan-terberat-berkarier-di-luar-negeri-GGR6MFNtqD.jpeg Kapten Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar. (Foto: Instagram @asnawi_bhr)

SOSOK kapten Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam kini menjadi idola baru publik Tanah Air. Pesepakbola asal Makassar ini dikenal sebagai Muslim yang taat. Dia tidak pernah meninggalkan ibadah di tengah jadwal pertandingan yang padat. Tapi, Asnawi pernah mengalami cobaan terberat selama berkarier di luar negeri.

Tidak disangka, Asnawi Mangkualam mengaku pernah makan daging babi. Ketika itu ia tidak mengetahui makanan yang disajikan oleh agen di tempat karantina di Korea Selatan.

Baca juga: Taat Ibadah, Asnawi Mangkualam Tak Lupa Sholat Lima Waktu meski Bertanding di Luar Negeri 

Egy Maulana Vikri dan Asnawi Mangkualam. (Foto: Instagram @egymaulanavikri)

Asnawi menceritakan hal tersebut tidak disengaja karena dirinya perlu beradaptasi di Korsel. Saat ini ia dikontrak klub asal Korea Selatan, Ansan Greeners, sejak Februari 2021.

"Sulit beradaptasinya itu makanan, soalnya kan aku Muslim enggak makan babi. Tapi di sini restorannya babi semua," ujar Asnawi, dikutip dari kanal YouTube KRTV, Rabu (5/1/2022).

Baca juga: Kalah di Leg 1, Asnawi Mangkualam Minta Pertolongan Allah agar Indonesia Menang di Leg 2 Final Piala AFF 2020 

Setelah mengetahui makanan tersebut adalah daging babi, Asnawi pun mengaku langsung menjelaskan dan marah ke agennya. Sebab sebagai Muslim yang taat, dirinya tidak boleh mengonsumsi daging babi atau makanan haram lainnya.

"Pernah, pertama kali aku datang ke sini makan babi, aku enggak tahu. Aku kan lagi karantina, disediain makanan kayak pastel gitu. Enggak tahu dalamnya babi. Aku makan, tapi enak kan," sambung Asnawi Mangkualam.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ia kemudian menegur agennya untuk tidak mengirim makanan yang sama karena dirinya Muslim. Lantaran tidak tahu, Asnawi mengaku memakan sampai 10 potong, menurutnya daging babi itu enak.

Baca juga: MUI Angkat Bicara soal Boneka Arwah, Ini Penjelasan KH Cholil Nafis 

Baca juga: Ketika Abu Nawas Punya Cara Cerdas Jelaskan Batas Jagat Raya, Raja pun Tercengang 

"Terus saat minta kirimkan makanan lagi sama agen, aku cek ada keterangan ternyata babi. Aku langsung bilang ke agen kalau enggak makan babi. Aduh sudah habis 10. Aku di situ enggak tahu, langsung marah-marah," pungkas Asnawi Mangkualam.

Wallahu a'lam bishawab.

Asnawi Mangkualam Bahar. (Foto: Instagram @asnawi_bhr)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini