Share

Waspada Pembagian Harta Warisan Anak Yatim Piatu, Buya Yahya Sebut Tidak Boleh Lakukan Ini

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Kamis 06 Januari 2022 20:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 06 330 2528380 waspada-pembagian-harta-warisan-anak-yatim-piatu-buya-yahya-sebut-tidak-boleh-lakukan-ini-6psXbwuaY7.jpg Buya Yahya. (Foto: YouTube Al Bahjah TV)

HARTA warisan berdasarkan hukum Islam haruslah dibagi adil kepada para ahli waris. Ada hitungan berbeda antara istri atau suami dan anak laki-laki atau perempuan. Demikian disampaikan pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah dan Pondok Pesantren Al Bahjah Cirebon KH Yahya Zainul Ma'arif atau akrab disapa Buya Yahya.

Ia mengatakan apabila suami istri meninggal dunia dan meninggalkan seorang anak yatim piatu maka jangan sampai pihak keluarga mengambilnya. Ini disebutnya sangat keterlaluan.

Baca juga: Viral Kumandang Azan Dilengkapi Terjemahan Bahasa Isyarat, Netizen: Keren Banget 

"Kalau kasus begini, ada perempuan meninggal dunia, suami istri meninggal dunia tabrakan tau-tau hancur. Kemudian punya anak yatim piatu. Kalau masih ada ribut harta warisan itu keterlaluan bener nih manusia. Mikir anak kecil ini lho," ucap Buya Yahya, seperti dikutip dari tayangan di YouTube, Kamis (6/1/2022).

Dirinya pun mengimbau agar pihak yang masih hidup bisa lebih berhati-hati terkait pembagian harta warisan. Buya Yahya bahkan mengatakan seharusnya pihak keluarga menjaga harta peninggalan pasangan suami istri yang meninggal dunia tersebut untuk nantinya diberikan kepada anak yatim piatu setelah besar.

Baca juga: Abu Nawas Sengaja Membelakangi Raja, Kok Semua Malah Tertawa Terpingkal-pingkal 

Dalam tausiyahnya, Buya Yahya juga membahas soal barang-barang peninggalan orangtua anak tersebut.

"Enggak boleh baju ibunya, gelang, apa saja. Enggak boleh seenaknya diambil. Kalaupun anak itu mengizinkan, izin anak kecil itu enggak dianggap. Haram kita mengambil hartanya," tegas Buya Yahya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Melalui tausiyahnya, Buya Yahya juga menegaskan bahwa harta warisan bisa dikatakan sesuatu yang panas bagi seseorang berhati kotor. Bahkan, ia menyebut jika ada seseorang meributkan harta warisan, jelas orang itu memiliki hati yang dihuni iblis.

Baca juga: Dibacok Ratusan Kali Tak Mati, Gangster Ini Hijrah dan Santuni 300 Anak Yatim 

Baca juga: Kisah Umi Fared TKW Asal Madura Jadi Kaya Raya Usai Dinikahi Saudagar Arab Saudi 

"Ingat, siapa pun yang suka meributkan urusan waris, biasanya memang ada iblis di dalam hatinya. Waris dibagi dengan kelembutan. Tapi harta waris memang kadang panas bagi yang hatinya kotor," ucapnya.

"Lihat sebagian keluarga dikuasai dengan iblis. Kalau ingin lihat ahli neraka berjalan di atas bumi, lihatlah orang yang berebut waris. Karena berebut waris bukan saja merebut hak orang lain, tapi juga memutus tali persaudaraan," tegasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini