Suami Katakan Tidak Cinta Lagi ke Istri, Apa Termasuk Talak? Ini Kata Ustadz Dr Syafiq Riza Basalamah

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Jum'at 14 Januari 2022 20:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 330 2532256 suami-katakan-tidak-cinta-lagi-ke-istri-apa-termasuk-talak-ini-kata-ustadz-dr-syafiq-riza-basalamah-e2Vivq2d9j.jpg Ustadz Dr Syafiq Riza Basalamah Lc MA. (Foto: Dok YouTube Syafiq Riza Basalamah)

USTADZ Dr Syafiq Riza Basalamah Lc MA mengatakan semarah apa pun suami, hendaknya tetap berusaha menjaga lisan, jangan sampai keluar kata talak kepada istri. Namun terkadang dalam pertengkaran rumah tangga, seseorang tidak bisa mengontrol apa yang diucapkan saat terbakar emosi.

Mulai dari bentakan hingga kalimat yang menyatakan tidak lagi mencintai istri. Lantas, apakah pernyataan suami tentang sudah tidak lagi cinta bisa diartikan sebagai bentuk talak?

Baca juga: Kisah Rasulullah Dilindungi Jaring Laba-Laba hingga Selamat dari Kejaran Kaum Quraisy 

Menurut Ustadz Syafiq Riza Basalamah, ungkapan tidak cinta lagi kepada istri bukan artinya suami hendak bercerai.

"Jadi kalau bicara cinta, tidak semua rumah tangga dibangun di atas cinta," ujar Ustadz Syafiq Riza Basalamah, seperti dikutip dari kanal YouTube resminya, Jumat (14/1/2022).

Ia menjelaskan, Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman: "Allah jadikan di antara kalian cinta, sayang, dan kasihan."

Baca juga: Waspada! Buang Air Kecil dengan Cara Ini Bisa Timbulkan Azab dan Siksa Kubur 

Begitupun dengan kalimat "kita sudahi saja". Walupun terdengar menginginkan perpisahan, ternyata kalimat ini masih mengandung arti sebuah penawaran kepada istri.

"Dia masih bilang 'kita' ini kan bicaranya suami istri, jadi tinggal seakan-akan dia nunggu, keputusan kita gimana nih," jelas Ustadz Syafiq Riza Basalamah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Lain halnya jika suami mengatakan "Aku sudahi pernikahan ini", penyataan seperti itu bisa diartikan bahwa suami telah berniat menceraikan sang istri.

Lebih lanjut Ustadz Syafiq Riza Basalamah menyarankan jika ingin tetap mempertahankan pernikahan, ada baiknya komunikasi antara istri dan suami dibenahi.

Baca juga: 2 Waktu Terkabulnya Doa di Hari Jumat, Kapan Saja? 

Baca juga: Abu Nawas Porak-porandakan Rumah Hakim Gara-Gara Mimpi, Kok Malah Dipuji Raja? 

"Kalau mungkin ada yang dia tidak sukai dari istri, istri perlu tanya sama suami, apa sih yang tidak disukai, akan diperbaiki," tukasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya