Share

Catat! Doa Sebelum dan Sesudah Makan Beserta 4 Adabnya Sesuai Syariat Islam

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 25 Januari 2022 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 25 618 2537442 catat-doa-sebelum-dan-sesudah-makan-beserta-4-adabnya-sesuai-syariat-islam-8c5M909W2Y.jpg Ilustrasi doa sebelum dan sesudah makan. (Foto: Freepik)

AGAMA Islam lengkap mengajarkan berbagai hal dalam kehidupan. Termasuk doa sebelum dan sesudah makan. Terdapat juga adab-adabnya sesuai syariat. Tujuannya agar aktivitas makan menjadi lebih berkah atas izin Allah Subhanahu wa ta'ala.

Adapun adab-adab yang dilakukan sebelum makan adalah sebagai berikut, seperti dikutip dari Konsultasi Syariah, Selasa (25/1/2022):

Baca juga: Abu Nawas Berambisi Memperistri Gadis Cantik, tapi Kok Alasannya Buat Ibunya?ย 

1. Mencuci tangan terlebih dahulu

Tangan merupakan salah satu sumber kuman dan penyakit. Terelebih saat ini di tengah pandemi covid-19, menjaga kebersihan seperti mencuci tangan adalah hal yang harus diperhatikan.

2. Membaca doa sebelum makan: Bismillah

Bismillah hendaknya dibaca sebelum mengawali segala berbagai kegiatan baik, termasuk makan. Bukan sekadar adab, membaca Bismillah sebelum makan dan minum juga menjadi keutamaan di dalamnya.

Berdasarkan riwyat dari Aisyah radhiyallahu โ€˜anha, Nabi Muhammad Shallallahu โ€˜alaihi wassallam bersabda:

ุฅูุฐูŽุง ุฃูŽูƒูŽู„ูŽ ุฃูŽุญูŽุฏูƒูู…ู’ ุทูŽุนูŽุงู…ู‹ุง ููŽู„ู’ูŠูŽู‚ูู„ู’ ุจูุณู’ู…ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ , ููŽุฅูู†ู’ ู†ูŽุณููŠูŽ ูููŠ ุฃูŽูˆูŽู‘ู„ู‡ ููŽู„ู’ูŠูŽู‚ูู„ู’ : ุจูุณู’ู…ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ ูููŠ ุฃูŽูˆูŽู‘ู„ู‡ ูˆูŽุขุฎูุฑ

"Apabila kalian hendak makan, bacalah 'Bismillah', jika lupa tidak membaca Bismilah di awal, bacalah, 'Bismillahi fi awwalihi wa aakhirihi'." (HR Ahmad Nomor 25733, Tirmidzi 1977, dan dihasankan Syekh Syuaib al Arnauth)

Sementera itu An-Nawawi mengatakan, "Anjuran membaca Bismillah ketika memulai makan anjuran yang disepakati. Demikian pula dianjurkan untuk membaca Hamdalah seusai makan."

Baca juga: 3 Kali Khatam Alquran demi Fitnah Islam, Wendy Lofu Akhirnya Jadi Mualafย 

Sebagian ulama mengatakan, "Dianjurkan membaca basmalah dengan suara keras, dalam rangka mengingatkan yang lain. Jika dia tinggalkan secara sengaja atau karena lupa atau tidak tahu atau terpaksa atau tidak mampu karena sebab tertentu, kemudian memungkinkan untuk dia baca di tengah makan, maka dianjurkan membaca basamalah ketika itu." (Umdatul Qori, 21/28)

Kemudian membaca Bismillah juga dapat mengusir setan, terlebih bagi Anda yang ingin makan dan minum. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, "Sesungguhnya setan memiliki kesempatan untuk mengambil makanan yang tidak dibacakan basmalah. Setan datang dengan mendorong gadis kecil ini agar dapat kesempatan untuk makan. Hingga aku pegang tangannya. Lalu dia datang dengan mendorong orang Arab badui ini dan aku pegang tangannya. Demi Allah, Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sesungguhnya tangan setan sedang aku pegang bersama tangan gadis ini." (HR Ahmad 23950 dan Muslim 5378)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Menggunakan tangan kanan

Ketika akan makan dianjurkan untuk menggunakan tangan kanan, seperti halnya yang telah diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

"Makan dengan tangan kanan juga adalah ada adabnya dan diajarkan oleh Baginda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam," kata Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin saat dihubungi MNC Portal beberapa waktu lalu.

Baca juga: Viral Masjid di Mal Ini Super-Nyaman dan Modern, Makin Khusyuk Beribadahย 

Dalam hadis yang diriwayatkan Ibnu Umar Radhiyallahu anhu:

ุฅุฐุง ุฃูŽูƒูŽู„ูŽ ุฃุญุฏููƒูู… ูู„ูŠุฃูƒู„ู’ ุจูŠู…ูŠู†ูู‡ู . ูˆุฅุฐุง ุดุฑูุจูŽ ูู„ูŠุดุฑุจู’ ุจูŠู…ูŠู†ูู‡ู . ูุฅู†ู‘ูŽ ุงู„ุดู‘ูŽูŠุทุงู†ูŽ ูŠุฃูƒู„ู ุจุดู…ุงู„ูู‡ู ูˆูŠุดุฑุจู ุจุดู…ุงู„ูู‡ู

Artinya: "Jika seseorang dari kalian makan maka makanlah dengan tangan kanannya dan jika minum maka minumlah dengan tangan kanannya. Karena setan makan dan minum dengan tangan kirinya." (HR Muslim Nomor 2020)

Namun lain halnya apabila seseorang memiliki udzur atau halangan seperti tangan kanannya terluka. Sehingga, diperbolehkan menggunakan tangan kiri, maka hukumnya mubah (boleh).

Syekh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin mengatakan:

ุงู„ุฃูƒู„ ุจุงู„ูŠุฏ ุงู„ูŠุณุฑู‰ ุจุนุฐุฑ ู„ุง ุจุฃุณ ุจู‡ุŒ

Artinya: "Makan dan minum dengan tangan kiri ketika ada uzur hukumnya tidak mengapa."

Baca juga: Biografi Imam Ahmad bin Hanbal: Ahli Ilmu yang Zuhud dan Dermawanย 

4. Membaca doa sesudah makan: Alhamdulillah

Setelah selesai makan baiknya membaca Alhamdulillah sebagai tanda mengahirinya. Tidak lupa membaca doa sesudah makan, supaya apa-apa yang telah masuk ke tubuh akan makin berkah.

Berikut ini doa sesudah makan:

ุงูŽู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ูู„ู„ู‡ู ุงู„ู‘ูŽุฐูู‰ู’ ุงูŽุทู’ุนูŽู…ูŽู†ูŽุง ูˆูŽุณูŽู‚ูŽุงู†ูŽุง ูˆูŽุฌูŽุนูŽู„ูŽู†ูŽุง ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู’ู†ูŽ

Alhamdulillahilladzi ath-amanaa wa saqoonaa wa ja'alanaa minal muslimiin

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk dari kaum muslimin."

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini