Share

Rasulullah Senang Kepalanya Basah Kena Air Hujan, Ustadz dr Zaidul Akbar Ungkap Manfaatnya untuk Kesehatan

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 26 Januari 2022 12:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 330 2538019 rasulullah-senang-kepalanya-basah-kena-air-hujan-ustadz-dr-zaidul-akbar-ungkap-manfaatnya-untuk-kesehatan-VEHQ4RvMLg.jpg Ustadz dr Zaidul Akbar. (Foto: YouTube dr Zaidul Akbar Official)

USTADZ dr Zaidul Akbar mengatakan suasana hati ternyata ada kaitannya dengan kesehatan fisik. Ini karena keduanya berkesinambungan dan akan selalu berkaitan. Bahkan, ajaran agama Islam sudah lama menjelaskan hal tersebut, baik dalam Alquran maupun hadis.

Dokter pendakwah Islam, konsultan, praktisi pengobatan sunnah Indonesia Ustadz dr Zaidul Akbar menjelaskan adanya penyakit hati yang kemudian mengarah ke fisik yaitu pecandu narkoba. Sebagian besar hati dan fisiknya menjadi sakit, bahkan memengaruhi segala aspek kehidupannya.

Baca juga: Ada Maling Kabur ke Barat, Abu Nawas Kok Malah Cegatnya di Timur? 

Ia mengatakan salah satu cara pengobatannya, selain berhenti mengonsumsi obat-obatan terlarang tersebut, juga dengan membuatnya kelelahan melalui berbagai aktivitas. Ini yang dilakukan oleh salah satu sahabat Ustadz dr Zaidul Akbar yang menangani kasus tersebut.

"Subhanallah, itu yang membuat ia berhenti. Dia dibuat letih dengan cara berjalan, berlari, berenang segala macam supaya capek sampai tidur. Tidur itu kan untuk menenangkan," terang Ustadz dr Zaidul Akbar, seperti dikutip dari kanal YouTube-nya dr Zaidul Akbar Official, Rabu (26/1/2022).

Baca juga: Kisah Bule Cantik Bersama Anak-anaknya Masuk Islam, Langsung Mantap Kenakan Hijab 

Kemudian ada juga cara alternatif lainnya, yakni pernah dilakukan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Saat itu turun hujan, Nabi bukannya cepat berteduh malah membuka penutup kepalanya dan membiarkan air hujan yang jatuh membasahi kepalanya.

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda, "Ini rahmat dari Allah yang baru turun dari langit."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Kemudian sahabat-sahabat Nabi mengikuti hal tersebut. Ketika hujan, mereka tidak pernah mengeluh, bahkan bersyukur karena Allah Subhanahu wa ta'ala telah menurunkan rahmat-Nya.

"Bahkan mereka mengambil barang-barang mereka untuk dibasahi dengan air hujan. Untuk mendapatkan rahmat dari Allah melalui air hujan," ujar Ustadz dr Zaidul Akbar.

Baca juga: Rasulullah Makan Sebelum Lapar dan Berhenti Sebelum Kenyang, Ternyata Ini Manfaatnya 

Baca juga: Kisah Abu Bakar Mendapat Julukan Ash-Shiddiq dan Al-'Atiq: Sang Pembenar sekaligus Terbebas 

Oleh karena itu di dalam Alquran terlah dijelaskan cara mengobati segala penyakit, termasuk yang ada di dalam hati. Di mana sifat hasad, hasud, iri dengki, dan penyakit hati lainnya pada dasarnya bisa disembuhkan dengan metode-metode yang telah dijelaskan di dalam Alquran.

"Segala penyakit hati ini, sadar tidak sadar. Suka tidak suka. Langsung tidak langsung, akan memengaruhi psikioliogis manusia," pungkasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini