Share

Heboh Ceramah Oki Setiana Dewi soal KDRT, Kemenag: Islam Sangat Memuliakan Perempuan

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 04 Februari 2022 17:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 04 330 2542482 heboh-ceramah-oki-setiana-dewi-soal-kdrt-kemenag-islam-sangat-memuliakan-perempuan-ONOvh622TX.jpg Kemenag turut menanggapi viral ceramah Ustadzah Oki Setiana Dewi soal KDRT. (Foto: Instagram @okisetianadewi)

BEBERAPA waktu belakangan viral ceramah Ustadzah Oki Setiana Dewi yang berkaitan dengan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) terhadap perempuan. Sekretaris Ditjen Bimas Islam Kemenag M Fuad Nasar pun memberikan tanggapan.

Ia mengingatkan kepada masyarakat bahwa agama Islam sangat memuliakan kedudukan perempuan dalam keluarga dan masyarakat. Fuad mengatakan, dalam ajaran Islam, seorang suami diwajibkan memperlakukan istrinya dengan baik atau muasyarah bil ma'ruf, dan dilarang menyakiti.

Baca juga: Viral Ceramah Oki Setiana Dewi soal KDRT, Gus Miftah: Kurang Pas Pemilihan Contoh dan Diksi Kalimat 

"Jika ajaran dan nilai-nilai agama dipedomani dalam kehidupan keluarga dan berumah tangga, maka insya Allah tidak akan timbul kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan akan banyak ditemukan rumah tangga teladan dalam masyarakat dan bangsa kita," kata Fuad dalam keterangan resminya yang diterima MNC Portal, Jumat (4/2/2022).

Ia menambahkan, terdapat pesan dari seorang ulama dan pelopor penasihat perkawinan (marriage counseling) di Indonesia yakni almarhum HSM Nasaruddin Latif. Segala nasihatnya diinspirasi dari ajaran Islam tentang kunci kebahagiaan dan kesejahteraan keluarga, yakni saling menghargai, mempercayai, berlaku jujur, memaafkan, dan memenuhi kewajiban.

Baca juga: Viral Ceramah Oki Setiana Dewi soal KDRT, Ini Pandangan Hukum Negara dan Islam 

Lebih lanjut, kata dia, Islam secara normatif dan praktik ideal sangat melindungi perempuan dari KDRT, serta dari segala bentuk kesewenang-wenangan yang bertentangan dengan nilai dan tujuan suci pernikahan serta human right.

"Islam sebagai agama tidak dapat disalahkan ketika ada perilaku orang Islam yang belum sejalan dengan kemuliaan ajaran agamanya. Di sinilah peran pendidikan agama dan dakwah yang edukatif," terangnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Menurut dia, KDRT dalam tinjauan psikologi keluarga bisa disebabkan oleh ledakan emosi yang tidak terkontrol, faktor kejiwaan yang bermasalah, KDRT akibat mabuk, narkoba dan penyebab lainnya.

Baca juga: Simak! Lakukan Amalan Ini di Hari Jumat Akan Allah Balas 10 Kali Lipat 

Baca juga: Aneh! Abu Nawas Bisa Bikin Panci Beranak, Kemudian Meninggal 

"KDRT karena sebab apapun adalah tercela, merugikan bagi suami-istri bersangkutan dan lebih jauh mengganggu perkembangan kepribadian anak dalam keluarga," pungkasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini