Share

6 Dampak Positif Bergaul dengan Orang Salih

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Sabtu 05 Februari 2022 13:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 05 330 2542771 6-dampak-positif-bergaul-dengan-orang-salih-QHx5aWiDFo.jpg 6 dampak positif bergaul dengan orang salih (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Orang-orang salih mendapat tempat mulia di sisi Allah Subhanahu wa ta'ala karena ketaatannya dan senang beramal salih. Allah SWT juga memuji mereka yang salih di Alquran.

"Dan barang siapa yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya, mereka akan ditempatkan bersama dengan orang-orang yang Allah anugerahi nikmat, yaitu para Nabi, para shidiqin, para syuhada, dan orang-orang salih. Mereka adalah sebaik-baik teman." (QS An-Nisa: 69).

Ustadz Muchlis al Mughni, dai lulusan Universitas Al Azhar Kairo, Mesir, menerangkan bahwa bergaul dengan orang-orang salih akan memberi dampak positif.

Berteman dengan orang salih bakal mengubah enam sikap negatif menjadi enam sikap positif, antara lain:

1. Mengubah sikap ragu ke yakin.

2. Mengubah sikap pamer atau riya menjadi ikhlas.

3. Mengubah sikap lalai ke zikir (mengingat Allah Subhanahu wa ta'ala).

4. Mengubah cinta dunia menjadi cinta akhirat.

5. Mengubah sikap sombong ke rendah hati (tawadhu).

6. Mengubah niat buruk menjadi nasihat.

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam mengajarkan umatnya untuk berdoa agar dijadikan bagian dari hamba-hamba Allah SWT yang salih. Jika belum bisa menjadi orang salih, mintalah agar dipertemankan dan digabungkan dengan orang-orang salih.

"Jika belum bisa menjadi orang salih, maka berusahalah mecintai mereka. Jika belum bisa mencintai orang-orang salih maka jangan menyakiti mereka," kata Ustadz Muchlis, dikutip dari Sindonews, Sabtu (5/2/2022).

Imam Syafii (150–204 Hijriah), seorang mufti besar Islam Sunni yang juga pendiri mazhab Syafii, pernah berkata:

"Aku mencintai orang-orang salih meskipun aku bukan termasuk di antara mereka. Semoga bersama mereka, aku bisa mendapatkan syafaat kelak."

Semoga Allah Subhanahu wa ta'ala menjadikan kita bagian dari hamba-hamba yang salih, berteman dan mencintai mereka. Amin.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini