Share

Kisah Nabi Ismail Sabar Luar Biasa saat Pisau Kurban Sudah Menempel di Lehernya

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 15 Februari 2022 13:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 15 614 2547513 kisah-nabi-ismail-sabar-luar-biasa-saat-pisau-kurban-sudah-menempel-di-lehernya-dGYnq642xW.jpg Ilustrasi kisah Nabi Ismail Alaihissallam. (Foto: Pexels)

KISAH Nabi Ismail Alaihissallam sangat menginspirasi semua umat Islam. Nabi Ismail merupakan putra Nabi Ibrahim Alaihissallam dan menjadi nabi yang disebut-sebut dalam kitab suci Alquran. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Surah Maryam Ayat 54โ€“55 yang artinya:

"Dan ceritakanlah (Muhammad) kisah Ismail di dalam Kitab. Dia benar-benar seorang yang benar janjinya, seorang rasul dan nabi. Dan dia menyuruh keluarganya untuk (melaksanakan) sholat dan (menunaikan) zakat, dan dia seorang yang diridhai di sisi Tuhannya."

Baca juga: Kisah Nabi Saleh dan Tobatnya Tukang Tato Berkat Sedekahย 

Kemudian Nabi Ismail Alaihissallam juga mendapat mujizat luar biasa dan tidak bisa dijelaskan secara nalar. Salah satunya adalah memiliki sifat sabar yang luar biasa.

Lahirnya Nabi Ismail Alaihissallam menjadi awal mula perintah melaksanakan ibadah kurban. Saat itu sang ayah Nabi Ibrahim Alaihissallam mengalami mimpi yang isinya Allah Subhanahu wa ta'ala memerintahkannya menyembelih putra pertamanya itu.

Baca juga: 5 Kaum yang Diazab dan Dimusnahkan Allah, Ada yang Ditimpa Awan Panas Hitamย 

Setelah terbangun dari tidurnya, Nabi Ibrahim Alaihissallam langsung menghampiri Nabi Ismail Alaihissallam dan mengungkapkan bahwa ia mendapat perintah dari Allah Azza wa Jalla melalui mimpi.

"Nabi Ibrahim Alaihissallam berkata: 'Wahai anakku, sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah apa pendapatmu.' Ismail menjawab: 'Wahai ayahku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar'." (QS. Ash-Shaaffaat: 102)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Kemudian Nabi Ibrahim Alaihissallam membawa Nabi Ismail Alaihissallam ke Mina. Lalu Nabi Ibrahim taruh kain di atas muka putranya itu agar Nabi Ibrahim tidak melihat muka anaknya yang dapat membuatnya terharu. Sedangkan Nabi Ismail telah siap menerima keputusan Allah Subhanahu wa ta'ala.

Baca juga: Kisah Nabi Daud Pimpin Kerajaan Bani Israil Usai Menang Duel dengan Raja Jalutย 

Ketika Nabi Ibrahim Alaihissallam sudah pasrah kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dengan meletakkan pisau di leher Nabi Ismail Alaihissallam bersiap menyembelihnya, tiba-tiba keduanya mendengar seruan Allah Subhaanahu wa taโ€™ala yang artinya:

"Wahai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu. Sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata." (QS Ash-Shaafffat: 104โ€“106)

Baca juga: Kisah Nabi Luth dan Azab Hujan Batu Menghancurkan Kaum Sodomย 

Tidak lama setelah ada seruan itu, Nabi Ibrahim Alaihissallam melihat Malaikat Jibril dengan membawa kambing yang besar. Maka, Nabi Ibrahim mengambilnya dan menyembelihnya sebagai ganti dari Nabi Ismail. Peristiwa ini kemudian menjadi hukum dalam Islam yakni perintah berkurban.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini