Share

Ziarah Kubur Jelang Ramadhan, Ini Hukumnya Menurut Syariat Islam

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 17 Februari 2022 12:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 17 330 2548681 ziarah-kubur-jelang-ramadhan-ini-hukumnya-menurut-syariat-islam-Q9qcE42i6r.jpg Ilustrasi hukum ziarah kubur menjelang Ramadhan. (Foto: Okezone)

MENJELANG bulan Ramadhan, banyak kaum Muslimin Indonesia melakukan ziarah kubur. Lantas, bagaimana hukumnya menurut syariat Islam? Apakah ziarah kubur hanya dilakukan sebelum memasuki bulan puasa?

Para ulama menjelaskan pada dasarnya ziarah kubur memiliki banyak manfaat dan dianjurkan Nabi Muhammad Shallallahu โ€˜alaihi wassallam. Manfaat ziarah kubur antara lain bisa melembutkan hati, mengingatkan kematian, dan mengingatkan akan negeri kehidupan akhirat.

Baca juga: Abu Nawas Kejatuhan 100 Keping Perak saat Berdoa, Kok Malah Tetangganya Marah-Marah?ย 

Hal tersebut sebagaimana sabda Nabi Muhammad Shallallahu โ€˜alaihi wassallam:

ูƒูู†ู’ุชู ู†ูŽู‡ูŽูŠู’ุชููƒูู…ู’ ุนูŽู†ู’ ุฒููŠูŽุงุฑูŽุฉู ุงู„ู’ู‚ูุจููˆู’ุฑู ุฃูŽู„ุงูŽ ููŽุฒููˆู’ุฑููˆู’ู‡ูŽุง ููŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ุชูุฑูู‚ู‘ู ุงู„ู’ู‚ูŽู„ู’ุจูŽุŒ ูˆูŽุชูุฏู’ู…ูุนู ุงู„ู’ุนูŽูŠู’ู†ูŽุŒ ูˆูŽุชูุฐูŽูƒูู‘ุฑู ุงู’ู„ุขุฎูุฑูŽุฉูŽุŒ ูˆูŽู„ุงูŽ ุชูŽู‚ููˆู’ู„ููˆู’ุง ู‡ูุฌู’ุฑู‹ุง.

"Aku pernah melarang kalian untuk ziarah kubur, sekarang ziarahilah kubur karena ziarah kubur dapat melembutkan hati, meneteskan air mata, mengingatkan negeri akhirat, dan janganlah kalian mengucapkan kata-kata kotor (di dalamnya)." (HR Al-Hakim (I/376) dari Sahabat Anas bin Malik Radhiyallahu anhu dengan sanad yang hasan)

ุฅูู†ูู‘ูŠู’ ู†ูŽู‡ูŽูŠู’ุชููƒูู…ู’ ุนูŽู†ู’ ุฒููŠูŽุงุฑูŽุฉู ุงู„ู’ู‚ูุจููˆู’ุฑู ููŽุฒููˆู’ุฑููˆู’ู‡ูŽุง ููŽุฅูู†ู‘ูŽ ูููŠู’ู‡ูŽุง ุนูุจู’ุฑูŽุฉู‹.

"Sesungguhnya dulu aku telah melarang kalian dari berziarah kubur, maka sekarang ziarahilah kubur, sesungguhnya pada ziarah kubur itu ada pelajaran (bagi yang hidup)." (Lihat keterangan lebih lengkap dalam Ahkaamul Janaa-iz wa Bidaโ€™uha, halaman 227โ€“229, oleh Syekh Al Albani rahimahullah)

Baca juga: Ashabul Kahfi Tertidur 300 Tahun di Dalam Gua, Ini Faedahnya Menurut Ustadz Adi Hidayatย 

Jadi, tidak ada yang salah dengan ziarah kubur. Namun menjelang bulan Ramadhan begitu banyak orang berziarah. Apakah Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wassallam memerintahkan hal ini atau ini kebiasaan saja.

Sedangkan mengenai penentuan hari-hari tertentu untuk ziarah kubur, para ulama menyatakan tidak ada riwayat yang menjelaskan bahwa Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wassallam menentuan hari-hari tertentu untuk ziarah kubur.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Ziarah kubur bisa dilakukan kapan saja dan hari apa saja. Ziarah kubur bisa dilakukan ketika ada kesempatan, tanpa menentukan waktu-waktu tertentu. Mengkhususkan hari tertentu untuk ziarah kubur bisa menyebabkan pelakunya terseret ke dalam perbuatan bid'ah.

Apalagi jika disertai dengan halhal menyimpang, seperti ziarah kubur dengan tujuan meminta sesuatu kepada penghuni kubur atau meyakini si penghuni kubur memiliki kemampuan untuk menangkal bahaya atau memberi manfaat. Jika demikian, maka si pelaku bisa terjebak dalam perbuatan syirik.

Baca juga: Jelang Ramadhan, Lakukan 6 Persiapan Ini agar Raih Banyak Pahalaย 

Baca juga: Nonton Infotainment saat Puasa Ramadhan, Ini Hukumnya Menurut Syariatย 

Dikutip dari Rumaysho, Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal MSc menjelaskan jika seseorang mengkhususkan ziarah kubur pada waktu tertentu dan meyakini bahwa menjelang Ramadhan adalah waktu utama untuk ziarah atau nyekar maka ini sungguh suatu kekeliruan karena tidak ada dasar dari ajaran Islam yang menuntunkan hal ini.

Dalam riwayat dari Abu Hurairah radhiyallahu โ€˜anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wassallam bersabda:

ู„ุงูŽ ุชูŽุฌู’ุนูŽู„ููˆุง ุจููŠููˆุชูŽูƒูู…ู’ ู‚ูุจููˆุฑู‹ุง ูˆูŽู„ุงูŽ ุชูŽุฌู’ุนูŽู„ููˆุง ู‚ูŽุจู’ุฑูู‰ ุนููŠุฏู‹ุง ูˆูŽุตูŽู„ูู‘ูˆุง ุนูŽู„ูŽู‰ูŽู‘ ููŽุฅูู†ูŽู‘ ุตูŽู„ุงูŽุชูŽูƒูู…ู’ ุชูŽุจู’ู„ูุบูู†ูู‰ ุญูŽูŠู’ุซู ูƒูู†ู’ุชูู…ู’

"Janganlah jadikan rumahmu seperti kubur, janganlah jadikan kubur sebagai โ€˜ied, sampaikanlah shalawat kepadaku karena shalawat kalian akan sampai padaku di mana saja kalian berada." (HR Abu Daud Nomor 2042 dan Ahmad 2: 367. Hadis ini shahih dilihat dari berbagai jalan penguat, sebagaimana komentar Syekh โ€˜Abdul Qodir Al Arnauth dalam catatan kaki Kitab Tauhid, halaman 89โ€“90)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Jelang Ramadhan, Ini 5 Kenikmatan Besar yang Didapat Orang Berpuasaย 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini