Share

Hukum Mimpi Basah saat Puasa Ramadhan, Bikin Batal?

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 18 Februari 2022 11:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 18 330 2549259 hukum-mimpi-basah-saat-puasa-ramadhan-bikin-batal-R1hu5F4y8o.jpg Ilustrasi hukum mimpi basah saat puasa Ramadhan. (Foto: Shutterstock)

TIDAK lama lagi kaum Muslimin memasuki bulan Ramadhan 1443H/2022M. Ada hukum-hukum terkait Ramadhan yang harus diketahui umat Islam, salah satunya mimpi basah saat puasa, apakah membuat batal atau tidak?

Wakil Kepala Bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal Ustadz Abu Hurairah Abdul Salam mengatakan keluarnya air mani saat tidur atau dikenal istilah mimpi basah tidak membatalkan puasa. Alasannya, hal itu bukanlah sesuatu yang disengaja.

Baca juga: 8 Sunah di Hari Jumat Berkah yang Miliki Pahala Sangat Besar, Sesuai Tuntunan Rasulullah 

"Air mani atau sperma yang keluar tanpa disengaja hukumnya tidak sampai membatalkan puasa seseorang. Seperti yang sering disebut dengan istilah mimpi basah pada siang hari di bulan Ramadhan, sebab orang yang tidur tidak punya kuasa mengendalikan mimpinya," ujar Ustadz Abu Hurairah saat dihubungi MNC Portal beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut ia menjelaskan, lain halnya jika seseorang dengan sengaja mengeluarkan air maninya, maka ini membatalkan puasa. "Baik dengan cara onani maupun dengan cara bercumbu dengan pasangannya hingga keluar air maninya," papar dia.

Baca juga: Surat Al Kahfi Ayat 1-110, Simak Keutamaannya Dibaca Setiap Hari Jumat Berkah 

Sementara itu, Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah dan Pondok Pesantren Al Bahjah Cirebon KH Yahya Zainul Ma'arif atau akrab disapa Buya Yahya mengatakan bersanggama adalah salah satu penyebab batalnya puasa, yakni masuknya kemaluan laki-laki ke kemaluan perempuan dengan cara disengaja.

"Dia tahu dia puasa malah sengaja (bersanggama). Kalau dia lupa sedang puasa lain cerita," ucap Buya Yahya, dikutip dari kanal YouTube Al Bahjah TV.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Namun lain halnya pula jika seseorang sedang tidur dan mimpi basah, sehingga tanpa disadari keluarlah air maninya. Perbuatan tersebut termasuk tidak disengaja dan puasanya masih sah dijalankan.

"Kemudian jika ada orang mimpi basah keluar mani tidak batal puasanya karena tidak sengaja. Lagi tidur di siang hari tiba-tiba mimpi basah dilihat ada air mani, tidak batal puasanya," pungkasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Abu Nawas Sakit Mulut Berobat ke Tabib, Kok Malah Dibilang Bagus? 

Baca juga: Simak! Ini Amalan di Hari Jumat yang Membuat Dekat dengan Nabi saat Kiamat Kelak 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini