Share

7 Kuliner Halal dan Lezat Khas Rusia, Muslim Travelers Wajib Dicoba!

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Selasa 01 Maret 2022 10:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 01 615 2554501 7-kuliner-halal-dan-lezat-khas-rusia-muslim-travelers-wajib-dicoba-8Uqp1lQPwD.jpg Chebureki salah satu kuliner halal dan lezat khas Rusia. (Foto: Shutterstock)

RUSIA tengah menjadi sorotan dunia setelah terlibat perang dengan negara tetangganya Ukraina. Terlepas dari peristiwa tersebut, banyak hal menarik dari Rusia. Salah satunya kuliner halal dan lezat yang wajib Muslim travelers cicipi kala berkunjung ke negara pecahan Uni Soviet ini.

Populasi Muslim di Rusia dilaporkan cukup tinggi, bahkan menempati urutan kedua setelah Kristen Ortodoks. Memiliki jumlah umat Islam yang sangat banyak, mencari makanan halal di Rusia pun tidak begitu sulit.

Umumnya masakan Rusia juga terbuat dari daging sapi atau domba, sehingga halal untuk kaums Muslimin. Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut tujuh kuliner halal dan lezat Rusia, seperti dikutip dari Learn Russian Language.

Baca juga: Viral Hajatan Sultan Beseknya Galon dan Boks Kontainer, Netizen Langsung Melongo! 

1. Chebureki

Chebureki pernah menjadi 'raja makanan cepat saji Rusia', bahkan mengalahkan makanan populer asing seperti hamburger dan kebab. Kue kering ini diisi dengan daging kambing atau anak sapi yang dicincang lembut dan dicampur dengan kuah, lalu digoreng dengan mentega. Biasanya chebureki dibuat dengan satu bagian adonan bundar yang dilipat di atas isian dalam bentuk bulan sabit.

2. Echpochmak

Echpochmak juga disebut 'segitiga'. Ini menjadi salah satu makanan halal di Rusia yang wajib Muslim travelers coba untuk mengenal hidangan lokal. Makanan ini terlihat sangat sederhana berupa adonan fermentasi, daging, bawang, dadu kentang, berbentuk piramida dan dipanggang dalam oven.

Biasanya echpochmak diisi dengan daging berbeda. Kombinasi terbaik adalah daging sapi yang dicampur dengan daging bebek. Sedangkan daging kambing akan lebih lezat jika dicampur daging angsa. Saat kue hampir matang, beri setetes kaldu atau sepotong mentega ke dalam lubang khusus di bagian atas piramida. Ini akan makin memperkuat rasa echpochmak. Makanan ini sangat cocok dimakan bersama bouillon atau teh.

Baca juga: Isra Miraj: Kenapa Allah Bersedia Kurangi Jumlah Sholat dari 50 ke 5 Waktu? Ini Jawabannya 

3. Steak tartare

Steak Tartare adalah hidangan daging sapi cincang mentah yang dicampur kuning telur dan saus marinade yang lezat. Steak tartare berasal dari steak a la tartare. Makanan ini biasanya disajikan dengan saus tartar, yakni saus mayo dan acar mentimun yang biasa menjadi saud saat makan fish n chips.

Selain itu, steak tartare juga disajikan bersama bawang, caper, paprika, saus worcestershire, dan rempah-rempah lainnya. Daging akan diiris kecil-kecil memanjang, sebelum dicampur dengan bahan utama lainnya. Jadi, Muslim Travelers bisa melihat tekstur daging sekaligus rasanya. Meski terkadang disebut steak, menu ini merupakan hidangan pembuka, bukan menu utama.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

4. Beshbarmak

Beshbarmak adalah hidangan nasional Kirgistan berupa daging rebus dan disajikan dengan lembaran pasta tipis serta saus (chyk) yang dibuat dari kaldu daging, bawang bombai, merica, serta garam. Makanan ini biasanya disajikan dalam mangkuk bulat besar. Meski menjadi hidangan nasional Kirgistan, makanan ini sangat populer di Rusia.

Hidangan ini terbuat dari daging kuda dan terkadang daging domba atau sapi. Beshbarmak direbus dalam kaldu selama beberapa jam. Kemudian disajikan di atas mie yang ditaburi peterseli dan daun ketumbar.

Beshbarmak sendiri berarti "Lima Jari" dalam bahasa Kirgistan, karena hidangan ini dimakan dengan tangan, tanpa sendok dan garpu. Beshbarmak paling sering dibuat saat pesta ulang tahun, ulang tahun baru, ulang tahun, dan terjadinya kematian dalam keluarga, entah itu pemakaman ataupun perayaan tahunan.

Baca juga: 5 Tren Hijab 2022 yang Wajib Dicoba Hijabers, Simpel dan Cocok untuk Outfit Apa pun 

5. Chak-chak

Chak-chak terbuat dari campuran tepung dan air tanpa ragi. Adonan ini digulung menjadi bola seukuran buah kemiri yang digoreng dengan minyak banyak. Setelah kecoklatan, chak-chak akan diolesi dengan madu cair hingga lengket. Makanan ini akan lebih nikmat disantap dalam keadaan dingin.

6. Shashlik

Shashlik adalah hidangan daging kubus yang ditusuk dan dipanggang. Berbeda dengan sate di Indonesia, shashlik biasanya terbuat dari daging sapi berbumbu yang dipotong-potong kecil dan ditusukkan pada bilah besi tajam dengan cara dipanggang. Sekilas, hidangan ini mungkin mirip atau identik dengan shish kebab.

Shashlik awalnya terbuat dari domba, tetapi sekarang juga terbuat dari babi, sapi, atau daging rusa, tergantung pada preferensi lokal dan ketaatan beragama. Tusuk sate bisa ditusuk dengan daging saja, atau dengan potongan daging, lemak, dan sayuran bergantian, seperti paprika, bawang merah, jamur dan tomat. Makanan ini sangat wajib kamu cicipi kala berlibur ke Rusia.

Baca juga: 5 Inspirasi Nama Anak Islami dengan Kata "Ameena", seperti Putri Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar 

7. Borsch

Borscht merupakan hidangan sup Rusia yang umumnya terbuat dari buah bit. Sup ini berwarna merah berasal dari buah-buahan yang dimasak dengan sayuran dan daging. Sayuran yang digunakan biasanya, kubis, wortel, bit dan sayuran lainnya. Di beberapa negara lain warna merahnya bisa dari tomat.

Hidangan ini biasanya dimakan dengan roti dan krim asam. Saat dicampur dengan krim asam, warnanya berubah menjadi merah muda. Borsch bisa dimakan panas dan dimakan di musim dingin. Bisa juga didinginkan terlebih dahulu dan dimakan saat musim panas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini