Share

Doa saat Membayar Utang: Arab, Latin, Arti, Beserta Keutamaannya

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 01 Maret 2022 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 01 618 2554627 doa-saat-membayar-utang-arab-latin-arti-beserta-keutamaannya-bFhiHwtxSo.jpg Ilustrasi doa saat membayar utang. (Foto: Shutterstock)

DOA saat membayar utang hendaknya diketahui setiap Muslim. Pasalnya, bisa membayar utang adalah sebuah nikmat besar dari Allah Subhanahu wa ta'ala yang wajib disyukuri kaum Muslimin.

Membayar utang merupakan anugerah dari Allah Subhanahu wa ta'ala yang melapangkan dan melegakan pikiran orang yang berutang. Meski demikian, orang yang berutang juga wajib berterima kasih kepada orang meminjamkannya uang atau memberikan utang kepadanya.

Baca juga: Viral Hajatan Sultan Beseknya Galon dan Boks Kontainer, Netizen Langsung Melongo! 

Orang yang berutang dianjurkan mendoakan keberkahan bagi orang yang memberikannya utang. Berikut ini adalah doa yang diriwayatkan dari Abdullah bin Abi Rabi’ah radhiyallahu anhu:

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي أَهْلِكَ وَمَالِكَ

Barakallahu laka fi ahlika wa malika.

"Semoga Allah memberkahimu pada keluarga dan hartamu." (Imam Al-Ghazali, Ihya Ulumiddin, (Beirut, Darul Fikr: 2018 M/1439-1440 H), juz I, halaman 407)

Baca juga: 7 Kuliner Halal dan Lezat Khas Rusia, Muslim Travelers Wajib Dicoba! 

Doa saat membayar utang ini merupakan bentuk ucapan terima kasih kepada orang-orang yang berbuat baik dengan meminjamkan sebagian hartanya. Doa ini menunjukkan adab yang sangat tinggi dari orang yang berutang.

Wallahu a'lam bishawab.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini