Share

Suami Ngajak Hubungan Intim saat Azan Berkumandang, Bolehkah Menolak?

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 10 Maret 2022 01:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 09 330 2559081 suami-ngajak-hubungan-intim-saat-azan-berkumandang-bolehkah-menolak-n3I1yt4uEu.jpg Ilustrasi pasangan suami istri. (Foto: Muslimgirl)

MELAYANI ajakan suami melakukan hubungan intim menjadi ibadah dan kewajiban seorang istri. Namun, bagaimana jika suami meminta aktivitas biologis tersebut kebetulan saat azan berkumandang? Manakah yang lebih dulu dilakukan? Sebab jika menolak sang imam rumah tangga akan berdosa, begitu juga dengan menyampingkan sholat.

Ketika ajakan berhubungan intim itu dinomorduakan, namun suami malah marah karena istrinya mengajak sholat lebih dulu karena adzan berkumandang, hal ini menjadi dilema sendiri bagi wanita.

Baca juga: 5 Fakta Wanita Berhijab Nikah di Gereja, Ada Konselor Pendamping 30 Pernikahan Beda Agama 

Menanggapi hal ini, Ustadz Dr Khalid Basalamah Lc MA mengatakan seharusnya di sini suaminya paham mana yang harus diwajibkan atau lebih didahulukan. Berhubungan intim adalah kebutuhan biologis yang dibutuhkan pasangan suami istri, sementara sholat menjadi keharusan yang dinomorsatukan kaum Muslimin.

"Seharusnya suaminya paham ya. Masak tunggu sehabis sholat saja enggak bisa sabar," ujar Ustadz Khalid Basalamah dalam tayangan di kanal YouTube Bujang Ketapang.

Baca juga: Terungkap Identitas Bocah Penjual Basreng yang Sedekah Sembunyi-Sembunyi untuk Pesantren Aa Gym 

Ia menjelaskan, baiknya sang suami lebih sabar ketika istrinya memilih melakukan ibadah wajib lainnya yaitu sholat. Setelah itu baru melakukan hubungan intim dengan suaminya.

Lebih lanjut permasalahan ini juga harus dilihat dari penyebabnya. Hal itu dikarenakan setiap permasalahan orang berbeda-beda dan istri harus memahami yang melatarbelakangi persoalan tersebut.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Mengapa suaminya bersikukuh ingin melakukan hubungan intim dulu daripada sholat yang memang wajib didahulukan.

"Di sini saya sarankan, kalau suaminya masih awam, dia tidak termasuk lalai," kata Ustadz Khalid Basalamah.

Baca juga: Viral Bocah Penjual Basreng Sedekah Sembunyi-Sembunyi, Netizen: Beramal Gak Mesti Nunggu Kaya 

Baca juga: Kemenkes: Sholat Tarawih Tahun Ini Mungkin Tidak Jaga Jarak Lagi 

Ia menambahkan, terdapat perkataan dari Imam Syafii bahwa sholat di awal waktu lebih afdhal. Namun apabila dia tidak tepat waktu karena ada udzur, maka tidak apa-apa, sebab masih ada waktu jeda sholat yang bisa langsung dilaksanakan.

Wallahualam bissawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini