Share

Terungkap Identitas Bocah Penjual Basreng yang Sedekah Sembunyi-Sembunyi untuk Pesantren Aa Gym

Agung Bakti Sarasa, Jurnalis · Rabu 09 Maret 2022 15:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 09 614 2558901 terungkap-identitas-bocah-penjual-basreng-yang-sedekah-sembunyi-sembunyi-untuk-pesantren-aa-gym-NMD6x15kTT.jpg Viral Muhammad Rizky bocah penjual basreng di Bandung sedekah sembunyi-sembunyi. (Foto: Instagram @aagym)

TERUNGKAP identitas bocah penjual basreng yang viral setelah sedekah secara sembunyi-sembunyi untuk Pondok Pesantren Daarut Tauhiid. Bocah berhati mulia itu diketahui bernama Muhammad Rizki. Ia diketahui masih duduk di bangku sekolah dasar (SD) di Bandung, Jawa Barat.

Muhammad Rizki sehari-hari berjualan makanan ringan seperti baso goreng (basreng) dan makaroni di kawasan Pesantren Daarut Tauhiid, Kota Bandung. Ia kerap menyisihkan sebagian hasil jerih payahnya untuk bersedekah.

Baca juga: Viral Bocah Penjual Basreng Sedekah Sembunyi-Sembunyi untuk Pesantren Aa Gym 

Perbuatan mulia Muhammad Rizki tersebut tanpa sengaja terekam kamera video dan viral di media sosial. Ia pun menuai banyak pujian dari warganet.

Betapa tidak, dalam video berdurasi 15 detik tersebut Rizki tampak diam-diam saat memasukkan sejumlah uang ke kotak amal. Bahkan, dia sempat menoleh ke kiri dan ke kanan seakan perbuatan baiknya tidak ingin diketahui orang lain.

Usai berhasil memasukkan sejumlah uang ke kotak amal, Rizki yang masih menenteng karung dan wadah jualannya serta mengenakan kaus oblong, celana panjang, dan masker, namun tanpa alas kaki itu mundur teratur dan langsung berjalan cepat meninggalkan kotak amal.

Viral Muhammad Rizky bocah penjual basreng sedekah sembunyi-sembunyi untuk pesantren Aa Gym. (Foto: Instagram @sahabatsurga)

Aksi baik Rizky langsung mendapat tanggapan dari KH Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym. Lewat unggahan di akun Instagram-nya @aagym, Aa Gym menyebut bahwa aksi bocah berusia 14 tahun itu merupakan contoh baik untuk masyarakat agar selalu menyisihkan sedekah dari jerih payahnya.

"Alloh mendidik kita dengan contoh adik kecil ini, senantiasa mendahulukan bersedekah, berwakaf dari hasil jerih payahnya," tulis Aa Gym.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, aksi itu dilakukan Rizki di kawasan Yayasan Daarut Tauhiid, Gegerkalong, Kota Bandung, pada Sabtu 5 Maret 2022. Rizky sendiri tidak menyangka aksinya saat bersedekah tersebut bakal beredar luas di medsos hingga viral.

Baca juga: Ini Respons Aa Gym Lihat Bocah Penjual Basreng Sedekah untuk Pesantren Daarut Tauhiid 

Rizki mengaku aksinya itu dia lakukan setelah berjualan basreng dan makaroni di sekitar Pesantren Daarut Tauhiid sepulang sekolah. Uang yang diperolehnya dari berjualan makanan ringan itu dia gunakan untuk makan dan jajan di sekolah.

Setiap selesai berjualan, Rizki mengaku kerap mendapatkan uang Rp20.000. Bocah yang masih duduk di bangku SD kelas V itu pun berpesan agar menjauhi sifat sombong dan rajin bersedekah.

"Pesannya gak sombong dan rajin bersedekah," ucap Rizki yang bercita cita menjadi anggota TNI.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sementara Maman, ayah Rizky, mengatakan bahwa Rizki merupakan anak bungsunya dari enam saudara. Menurut Maman, sejak dulu Rizki memang sudah terbiasa bersedekah. Dia pun berharap apa yang dilakukan anaknya dapat menginspirasi orang lain untuk melakukan hal serupa.

"Biasanya (jualan) sore sehabis sekolah istirahat dulu sebentar. Katanya, pengin bantu orangtua. Mudah-mudahan menjadi syiar," kata Maman.

Baca juga: Ini Harga Lelang Jersey Martunis Putra Cristiano Ronaldo untuk Bangun Pesantren di Aceh 

Baca juga: 5 Fakta Wanita Berhijab Nikah di Gereja, Ada Konselor Pendamping 30 Pernikahan Beda Agama 

Berbagai pujian pun dilontarkan warganet usai menyaksikan video aksi sembunyi-sembunyi Rizky saat beredekah.

"Ini tamparan bwt sy, kita, org2 yg mampu...tp sulit untuk bersedekah," tulis pemilik akun @ernaan***.

"Ini adek yang sedekah sembunyi-semnunyi ya?? Padahal jaman sekarang sudah jarang sekali orang yg sedekah sembunyi-sembunyi," tulis @ari_yusrar_pr***.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini