Share

Bolehkah Minum Rimpang Setiap Hari? Ini Kata Ustadz dr Zaidul Akbar

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Selasa 15 Maret 2022 07:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 15 614 2561678 bolehkah-minum-rimpang-setiap-hari-ini-kata-ustadz-dr-zaidul-akbar-wo8rFi5vBK.jpg dr Zaidul Akbar (Foto: YouTube/Bisikan.com)

MEMINUM minuman olahan rimpang memang sangat baik bagi kesehatan. Pasalnya, tanaman rimpang seperti jahe, kunyit, dan kencur memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Namun, bolehkan minuman ini dikonsumsi setiap hari?

Menurut dr Zaidul Akbar, secara garis besar minuman olahan rimpang relatif aman untuk dikonsumsi harian, salah satunya kunyit. Dosis mengonsumsi kunyit adalah 250gram dalam sehari. Sementara orang-orang biasanya hanya mengonsumsi seukuran 1 hingga 2 jari. Dengan begitu, minuman olahan kunyit terbilang aman untuk dikonsumsi sehari-hari.

Dr Zaidul Akbar

โ€œDosis maksimal sehari bisa sampai 250 gram loh. Tinggi sekali sebenarnya dan kita kan minumnya cuman sejari dua jari. Nggak banyak sejempol dua jempol jadi kalau dibilang secara keamanan ya aman saja,โ€ tutur dr. Zaidul Akbar, dikutip dari kanal YouTube Bisikan.com pada Senin (14/3/2022).

Di samping itu, dr Zaidul Akbar juga tak pernah menemukan adanya laporan atau data yang menyebut rimpang menyebabkan gangguan kesehatan. Meskipun begitu, dr Zaidul Akbar lebih merekomendasikan untuk menggonta-ganti menu setiap harinya.

โ€œSaya lebih memilih untuk di ganti-ganti setiap hari. Misal hari ini kunyit besok jahe, besok kencur, gitu aja terus,โ€ ujarnya.

BACA JUGA :ย Resep Glowing Ala Zaidul Akbar, Bisa Turunkan Berat Badan Sampai 40 Kg

BACA JUGA :ย Ustaz dr Zaidul Akbar Ungkap Kisah Anak Sakit Disebabkan Emosi Atas Perlakuan Buruk Orangtua

Selain itu, imbangi juga dengan konsumsi air putih, sayur dan juga buah-buahan secara rutin agar lebih maksimal. Dengan begitu, Insya Allah tubuh akan terjaga dari penyakit yang membahayakan.

โ€œMereka ini relatif aman, karena memang bentuk komplek komponen yang Allah ciptakan sudah disetting cocok untuk kita. Makanya di Indonesia tidak ada ibu atau bapak keracunan kunyit,โ€ katanya.

Minuman rimpang ini boleh dikonsumsi oleh siapapun, termasuk ibu hamil. Adapun waktu yang baik untuk meminum rimpang jahe dan kunyit disarankan di pagi atau malam hari. Hal tersebut bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan membersihkan tubuh.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini