Share

Heboh Pawang Hujan di MotoGP Mandalika, Buya Yahya: Haram Itu Dukun

Hantoro, Jurnalis · Senin 21 Maret 2022 09:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 21 330 2565001 heboh-pawang-hujan-di-motogp-mandalika-buya-yahya-haram-itu-dukun-2szF3C0KFr.jpg Buya Yahya jelaskan hukum pawang hujan. (Foto: Dok YouTube Al Bahjah TV)

PUBLIK dunia dihebohkan aksi pawang hujan dalam gelaran balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pawang hujan tersebut bernama Rara Isti Wulandari. Wanita itu mengklaim bisa mencegah hujan terjadi, meski hujan tetap turun deras di sana.

Terkait fenomena pawang hujan, Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah dan Pondok Pesantren Al Bahjah Cirebon KH Yahya Zainul Ma'arif atau akrab disapa Buya Yahya sudah jauh-jauh hari menjelaskan hukumnya.

Baca juga: Humor Abu Nawas: Diusir dari Kampung Sendiri, tapi Bisa Pulang Pakai Cara Unik Banget 

Ia mengatakan menggunakan jasa pawang hujan hukumnya haram menurut syariat Islam. Ini tidak boleh dilakukan kaum Muslimin.

"Mengundang pawang artinya dukun suruh komat-kamit usir mendung. Haram, enggak boleh. Kalau minta ulama doain supaya tidak hujan, oke. Pawang hujan, tancepin sana-sini, kemenyan," tegasnya dalam video di kanal YouTube Buya Yahya Menjawab.

Baca juga: Viral Pria Minta Hapus 300 Ayat Alquran, Buya Yahya Beri Jawaban Tegas dan Cerdas 

Dia melanjutkan, tidak perlu menggunakan jasa pawang hujan. Alasannya, hujan adalah rezeki dari Allah Subhanahu wa ta'ala. Banyak tersimpan faedah dari turunnya air hujan ke muka bumi, jadi wajib syukuri.

"Enggak usah pawang-pawangan. Kalau hujan alhamdulillah seger dari Allah Subhanahu wa ta'ala, kenapa kita hindari? Doa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Zikir kepada Allah Ta'ala," nasihat Buya Yahya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dirinya pun menegaskan bahwa pawang hujan adalah dukun. Hukumnya musyrik jika umat Islam berurusan dengan dukun seperti pawang hujan.

"Pawang itu kan urusannya dukun. Saya enggak ngerti pawang. Pawang kan dukun, pakai komat-kamit usir mendung. Tidak dibenarkan yang demikian. Kalau urusannya sudah dengan dukun bagaimana Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam tidak akan ridho," jelasnya.

Baca juga: Masya Allah! 5 Artis Hollywood Ini Ternyata Beragama Islam, Tegaskan Bangga Jadi Muslim 

Buya Yahya pun menyarankan berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Bisa juga meminta didoakan oleh orang salih.

"Kalau ada orang salih yang doanya memang dikabul oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Kita datang kepada orang salih, dan orang salih biasanya minta misalnya, 'Kau sedekahlah ke masjid, fakir miskin. Insya Allah tidak hujan.' Boleh," pungkasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Segera Bayar Utang Puasa Ramadan, Ketahui Cara Mengqodhonya atau Fidyah 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini