Share

Alhamdulillah, Masjid Nabawi Siapkan Makanan Buka Puasa untuk 1 Juta Muslimin

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 05 April 2022 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 05 614 2573347 alhamdulillah-masjid-nabawi-siapkan-makanan-buka-puasa-untuk-1-juta-muslimin-WibqCpM8Ki.jpg Ilustrasi buka puasa di Masjid Nabawi. (Foto: Istimewa/Thenational)

BULAN Ramadan berisi penuh keberkahan dari Allah Subhanahu wa ta'ala. Seperti terlihat di Tanah Suci Arab Saudi. Masjid Nabawi yang berada di Kota Madinah menyiapkan makanan buka puasa untuk 1 juta Muslimin.

Sajian iftar atau buka puasa pun diberikan dengan menu seragam yaitu kurma sukkari 7 butir, fresh yoghurt (zabadi) plus dukkah madini (bumbu untuk dicampurkan ke zabadi), satu roti gandum, serta sebotol zamzam.

Baca juga: Keutamaan Sholat Tarawih yang Belum Banyak Diketahui, Benarkah Menghapus Semua Dosa? 

Jamaah di Masjid Nabawi. (Foto: Okezone)

"Dimulai setengah jam usai Sholat Ashar berjamaah, Tim Ifthar Shaim menjalankan tugasnya dengan sigap. Menggelar sufrah, plastik tempat alas makan yang dihampar di atas karpet masjid. Multifungsi, untuk tempat makan, pelindung karpet dari noda sisa makanan, sekaligus tempat sampah bungkus sisa makanan," kata Ketua Bidang Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Asrorun Niam Sholeh dalam keterangan tertulisnya yang diterima MNC Portal, Senin 4 April 2022.

Ia mengatakan, Tim Ifthar Shaim berasal dari para relawan, mahasiswa, hingga pelajar SMP dan SMA. Lalu saat magrib tiba, muazin mengumandangkan azan, seluruh umat Islam yang hadir berbuka puasa bersama dengan menu tersebut, ada juga yang membagikan teh dan kopi.

Baca juga: Humor Abu Nawas: Bikin Raja Tidur Pulas Pakai Cerita Amburadul, Ternyata Begini Isinya! 

"Seluruh jamaah makan dengan serentak. Kurang lebih 10 menit, makan harus selesai," papar KH Asrorun Niam Sholeh yang sedang berada di sana.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Diketahui, azan magrib di sana sekira pukul 18.39 WAS. Saat buka puasa dimulai, dan mereka diharuskan usai 10 menit berikutnya pada pukul 18.49 WAS.

Baca juga: Bacaan Surat Yasin 83 Ayat Lengkap Bahasa Arab, Indonesia, hingga Keutamaannya 

Setelah itu, Tim Ifthar Shaim kembali menjalankan tugas dengan dibantu tim kebersihan masjid. Mereka mengangkat hidangan yang telah disantap beserta plastik sufrah dan mengevakuasinya ke plastik besar untuk dibuang.

"Dalam waktu tidak lebih dari 3 menit, masjid kembali bersih, selanjutnya iqomah dikumandangkan untuk melaksanakan Sholat Maghrib berjamaah. Jam 18.54, iqomah dikumadangkan untuk dimulai Sholat Magrib berjamaah," pungkasnya. Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Jadwal Imsakiyah Ramadan dan Sholat di Indonesia, Selasa 5 April 2022 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini