Share

Kapan Malam Lailatul Qadar Ramadan 2022? Simak Tanggal Berikut Ini

Hantoro, Jurnalis · Kamis 07 April 2022 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 07 330 2574831 kapan-malam-lailatul-qadar-ramadan-2022-simak-tanggal-berikut-ini-hRKBjBH73W.jpg Ilustrasi malam lailatul qadar. (Foto: ndtv)

KAPAN malam lailatul qadar Ramadan 2022? Hal ini ternyata banyak ditanyakan masyarakat Indonesia. Diketahui bahwa malam lailatul qadar memiliki keutamaan sangat besar. Kemuliaan malam lailatul qadar lebih baik dari seribu bulan.

Hal tersebut sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah Subhanahu wa taโ€™ala:

ุฅูู†ู‘ูŽุง ุฃูŽู†ู’ุฒูŽู„ู’ู†ูŽุงู‡ู ูููŠ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุงู„ู’ู‚ูŽุฏู’ุฑู ูˆูŽู…ูŽุง ุฃูŽุฏู’ุฑูŽุงูƒูŽ ู…ูŽุง ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุงู„ู’ู‚ูŽุฏู’ุฑู ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุงู„ู’ู‚ูŽุฏู’ุฑู ุฎูŽูŠู’ุฑูŒ ู…ูู†ู’ ุฃูŽู„ู’ูู ุดูŽู‡ู’ุฑู ุชูŽู†ูŽุฒู‘ูŽู„ู ุงู„ู’ู…ูŽู„ูŽุงุฆููƒูŽุฉู ูˆูŽุงู„ุฑู‘ููˆุญู ูููŠู‡ูŽุง ุจูุฅูุฐู’ู†ู ุฑูŽุจู‘ูู‡ูู…ู’ ู…ูู†ู’ ูƒูู„ู‘ู ุฃูŽู…ู’ุฑู ุณูŽู„ูŽุงู…ูŒ ู‡ููŠูŽ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ู…ูŽุทู’ู„ูŽุนู ุงู„ู’ููŽุฌู’ุฑู

"(1) Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam kemuliaan. (2) Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? (3) Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. (4) Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Rabbnya untuk mengatur segala urusan. (5) Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." (QS Al Qadr: 1โ€“5)

Baca juga: Berawal Peran Jadi Ustadz, Aktor Senior El Manik Putuskan Masuk Islamย 

Lantas, kapan malam lailatul qadar terjadi?

Dikutip dari Muslim.or.id, Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal M.Sc menjelaskan Lailatul Qadar itu terjadi pada sepuluh malam terakhir di bulan Ramadan. Ini sebagaimana sabda Nabi Muhammad Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam:

ุชูŽุญูŽุฑูŽู‘ูˆู’ุง ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉูŽ ุงู„ู’ู‚ูŽุฏู’ุฑู ููู‰ ุงู„ู’ุนูŽุดู’ุฑู ุงู„ุฃูŽูˆูŽุงุฎูุฑู ู…ูู†ู’ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ

"Carilah lailatul qadar pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadan." (HR Bukhari Nomor 2020 dan Muslim 1169)

Terjadinya lailatul qadar di malam-malam ganjil lebih memungkinkan daripada malam-malam genap, sebagaimana sabda Nabi Muhammad Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam:

ุชูŽุญูŽุฑูŽู‘ูˆู’ุง ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉูŽ ุงู„ู’ู‚ูŽุฏู’ุฑู ููู‰ ุงู„ู’ูˆูุชู’ุฑู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุนูŽุดู’ุฑู ุงู„ุฃูŽูˆูŽุงุฎูุฑู ู…ูู†ู’ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ

"Carilah lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan." (HR Bukhari Nomor 2017)

Kapan tanggal pasti lailatul qadar terjadi? Ibnu Hajar Al Asqolani rahimahullah telah menyebutkan 40-an pendapat ulama dalam masalah ini. Namun pendapat yang paling kuat dari berbagai pendapat yang ada adalah lailatul qadar itu terjadi pada malam ganjil dari sepuluh malam terakhir bulan Ramadan dan waktunya berpindah-pindah dari tahun ke tahun (lihat Fathul Bari, 4: 262โ€“266 dan Syarh Shahih Muslim, 6: 40).

Baca juga: Viral 99 Anak Dapat Hadiah Sepeda Usai 40 Hari Berturut-turut Sholat Subuh di Masjidย 

Mungkin pada tahun tertentu terjadi pada malam ke-27 atau mungkin juga pada tahun yang berikutnya terjadi pada malam ke-25, itu semua tergantung kehendak dan hikmah Allah Subhanahu wa ta'ala. Hal ini dikuatkan oleh sabda Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam:

ุงู„ู’ุชูŽู…ูุณููˆู‡ูŽุง ููู‰ ุงู„ู’ุนูŽุดู’ุฑู ุงู„ุฃูŽูˆูŽุงุฎูุฑู ู…ูู†ู’ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉูŽ ุงู„ู’ู‚ูŽุฏู’ุฑู ููู‰ ุชูŽุงุณูุนูŽุฉู ุชูŽุจู’ู‚ูŽู‰ ุŒ ููู‰ ุณูŽุงุจูุนูŽุฉู ุชูŽุจู’ู‚ูŽู‰ ุŒ ููู‰ ุฎูŽุงู…ูุณูŽุฉู ุชูŽุจู’ู‚ูŽู‰

"Carilah lailatul qadar di sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadan pada sembilan, tujuh, dan lima malam yang tersisa." (HR Bukhari Nomor 2021)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Para ulama mengatakan bahwa hikmah Allah Subhanahu wa ta'ala menyembunyikan pengetahuan tanggal pasti terjadinya lailatul qadar adalah agar umat manusia bersemangat mencarinya. Hal ini berbeda jika lailatul qadar sudah ditentukan tanggal pastinya, justru nanti malah orang-orang akan bermalas-malasan (lihat Fathul Bari, 4: 266).

Nah, berikut daftar tanggal malam ganjil dan malam genap pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadan 2022:

- Malam ke-21 Ramadan: 23 April 2022

- Malam ke-22 Ramadan: 24 April 2022

- Malam ke-23 Ramadan: 25 April 2022

- Malam ke-24 Ramadan: 26 April 2022

- Malam ke-25 Ramadan: 27 April 2022

- Malam ke-26 Ramadan: 28 April 2022

- Malam ke-27 Ramadan: 29 April 2022

- Malam ke-28 Ramadan: 30 April 2022

- Malam ke-29 Ramadan: 1 Mei 2022

- Malam ke-30 Ramadan: 2 Mei 2022

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini