Share

5 Fakta Pelawak Cahyono Masuk Islam Usai Dengar Azan Magrib hingga Dibimbing Jojon

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 11 April 2022 13:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 11 621 2576794 5-fakta-pelawak-cahyono-masuk-islam-usai-dengar-azan-magrib-hingga-dibimbing-jojon-y8VQzD3HU7.jpg Kisah mualaf pelawak Cahyono. (Foto: Istimewa)

HIDAYAH Islam bisa diberikan Allah Subhanahu wa ta'ala kepada siapa saja yang dikehendaki-Nya. Bisa datang kapan saja dan melalui apa saja. Inilah yang dialami pelawak senior Cahyono.

Nah, berikut ini fakta-fakta terkait pelawak senior Cahyono yakin memeluk ajaran agama Islam, sebagaimana telah Okezone rangkum.

Baca juga: Gara-Gara Adegan Baca Ayat Kursi, Aktor Senior El Manik Putuskan Jadi Mualaf 

1. Berjuang bersama Jojon

Diketahui Cahyono telah wafat pada 25 Mei 2017 usai menderita penyakit. Tapi beberapa waktu sebelumnya ia ditinggal wafat rekan sejawatnya yakni Jojon. Ketika itu bagi Cahyono, Jojon yang merupakan teman seperjuangan di Jayakarta Group banyak memberikan jasa yang sangat berarti.

"Saya sama beliau berjuangnya bareng. Sejak dulu susah senang kami bersama. Sudah lebih dari saudara sama dengan dia. Saya bisa begini berdiri di sini karena Mas Jojon," ungkap Cahyono dengan mata berkaca-kaca ketika berada di Studio Hanggar, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis 6 Maret 2014.

2. Dapat hidayah usai dengar azan magrib

Hal yang paling berkesan adalah saat Jojon membimbing Cahyono menjadi mualaf setelah mendengar azan magrib. Itu merupakan jasa Jojon yang tidak ternilai harganya bagi Cahyono.

Baca juga: Berawal Adegan Sholat, Aktor George Rudy Mantapkan Hati Jadi Mualaf 

3. Diajari mengaji oleh Jojon

Cahyono selalu dibimbing oleh rekannya Jojon dalam mengenal ajaran agama Islam. Dia bahkan selalu diajari mengaji dan hal-hal lainnya terkait Islam.

"Dia yang ajari saya tentang Islam pada tahun 1991. Waktu saya show di Pekanbaru, Riau. Saat itu saya sekamar dengan dia. Saya diajarkan beragama sama dia. Mengajarkan saya mengaji. Karena dia pintar, dia anak pesantren," sambung Cahyono menitikan air mata.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

4. Sangat kehilangan Jojon

Kepergian Jojon sangat mengejutkan bagi Cahyono. Sebelumnya tidak ada kabar, ia baru mendapat kabar usai Jojon telah tiada.

"Firasat tidak ada, saya tahu kabar setelah beliau tidak ada," tutur Cahyono yang ketika itu lebih banyak beraktivitas dakwah.

Baca juga: Jadi Mualaf, Fitria Yusuf Putri Orang Terkaya Jusuf Hamka Sempat Unggah Foto Masa Kecil Peluk Alquran 

5. Cahyono wafat usai menderita penyakit

Pelawak Cahyono meninggal dunia saat tengah beristirahat di kediamannya pada Kamis 25 Mei 2017. Cahyono memang sempat dirawat di Rumah Sakit Pelni Jakarta Barat akibat penyakit stroke. Kendati demikian, Cahyono sudah diperbolehkan pulang oleh dokter dan tinggal menjalani proses rawat jalan sebelum meninggal dunia.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini