Share

Astagfirullah! Jamaah Saling Pukul di Masjidil Haram, Apa Penyebabnya?

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Selasa 26 April 2022 20:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 26 614 2585571 astagfirullah-jamaah-saling-pukul-di-masjidil-haram-apa-penyebabnya-xYlz8n817a.jpg Viral jamaah saling pukul di Masjidil Haram. (Foto: YouTube Iday Adventure)

BELUM lama ini di media Arab sempat viral sebuah video yang menunjukkan pertengkaran antar-jamaah di kawasan Masjidil Haram. Namun, tidak diketahui pasti apakah mereka jamaah haji atau umrah.

Dalam video viral tersebut tampak kerumunan pria dengan baju ihram sedang berada di Masjidil Haram. Mereka diketahui tengah melakukan sai yakni para jamaah berjalan dari bukit shafa ke bukit marwah.

Baca juga: Artis-Artis Korea yang Mendapat Hidayah Islam, Nomor 5 Langsung Fokus Belajar Bahasa Arab 

Tiba-tiba seorang jamaah pria memukul salah seorang jamaah lainnya. Alhasil, keributan pun tidak bisa lagi terhindarkan.

Menanggapi hal ini, YouTuber asal Indonesia yang berdomisili di Arab yakni Iday Adventure mengundang KH Shaheh, seorang pemimpin salah satu travel umrah di Jepara, Jawa Tengah.

Viral jamaah saling pukul di Masjidil Haram. (Foto: YouTube Iday Adventure)

Menurut KH Shaheh, kejadian seperti ini bukan baru pertama terjadi. Dirinya pernah menyaksikan dengan mata kepala sendiri ketika melaksanakan ibadah haji pada tahun 1996 silam.

"Tempat di shafa itu kan berhenti sejenak lalu berdoa, kemudian ada orang tiba-tiba nyelonong," ujar KH Shaheh, dikutip dari YouTube Iday Adventure, Selasa (26/4/2022).

Baca juga: Humor Abu Nawas: Raja Terjebak Cium Bau Kentut, tapi Kok Malah Ketawa Terbahak-bahak? 

Lantaran salah satu jamaah terbawa emosi, kemarahan pun terjadi. KH Shaheh berasumsi kemungkinan orang tersebut terbiasa marah pada hal kecil sehingga tak mampu menahan emosi.

Hal ini lantas mengingatkan sang kiai pada kejadian yang sedang diperbincangkan.

"Kebetulan dia marah dan ditanggapi oleh mereka, akhirnya terjadi saling pukul. Seperti kejadian yang di shafa baru saja, motifnya hampir sama seperti itu," tambahnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Padahal, berdasarkan penjelasan KH Shaheh ada sederet aturan maupun larangan yang harus dipatuhi ketika memakai baju ihram. Adapun salah satu larangan yang tidak boleh dilanggar adalah aksi bertengkar.

"Mestinya, orang-orang yang sedang berpakaian ihram, tidak boleh untuk bertengkar. Itu salah satu larangan saat memakai pakaian ihrom," kata KH Shaheh.

Baca juga: Perjuangan Dakwah Ulama Indonesia di Negeri Kanguru: Dilempari Telur hingga Dirikan Sekolah 

Bahkan, KH Shaheh mengatakan pertengkaran yang dilakukan antar-jamaah bisa mengantarkan mereka pada dam. Sebagai informasi, dam merupakan denda yang harus dibayar ketika melanggar ketentuan atau peraturan dari pihak penyelenggara haji dan umrah.

"Kalau enggak salah ada 11 hal, di antaranya tidak boleh bertengkar, kenapa mereka malah bertengkar. Mereka hendaknya kena dam itu," tambahnya.

Baca juga: Syarat Wajib Zakat Fitrah 

Diketahui, selama menggunakan pakaian ihram, jamaah memang terikat dengan serangkaian larangan. Selain bertengkar, mereka juga tidak diperkenankan melakukan maksiat, memburu atau menganiaya hewan, memakai pakaian yang dicelup bahan pewangi, dan masih banyak lagi.

Adapun kembali pada video viral yang bereda di media Arab terkait keributan jamaah saat sai, tak diketahui bagaimana nasib mereka. Video tersebut pun hanya berisi cuplikan singkat tanpa berisi informasi lebih detail.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini