Share

Surat Al Baqarah Ayat 6: Azab Orang Kafir yang Keras Kepala

Komaruddin Bagja, Jurnalis · Senin 23 Mei 2022 05:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 22 330 2598422 surat-al-baqarah-ayat-6-azab-orang-kafir-yang-keras-kepala-3x1KEqnGxu.jpg Ilustrasi Alquran Surat Al Baqarah Ayat 6. (Foto: Freepik)

SURAT Al Baqarah Ayat 6 menggambarkan ciri-ciri orang kafir yang keras kepala. Mereka tidak akan beriman meskipun sudah dinasihati dan diberikan peringatan.

Berikut isi Surat Al Baqarah Ayat 6:

إِنَّ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ سَوَآءٌ عَلَيْهِمْ ءَأَنذَرْتَهُمْ أَمْ لَمْ تُنذِرْهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ

Artinya: Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak juga akan beriman.

Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi dalam Aisarut Tafsir menjelaskan orang-orang mukmin akan mendapatkan hidayah dan keberuntungan.

Sedangkan bagi orang kafir akan selamanya sesat dan juga merugi. Sesuai dalam firman Allah Subhanahu wa Ta’ala orang kafir tidak pernah siap untuk beriman. Bakan sampai diperingatkan pun atau tidak hasilnya tetap sama saja.

Pelajaran dari Surat Al Baqarah ayat 6 yakni tentang penjelasan mengenai sunnatullah bagi orang-orang yang menentang, sombong, dan terus menerus dalam kekufurannya.

Allah Subhanahu wa ta'ala mengharamkan hidayah bagi orang-orang kafir, orang yang sombong dan kufur. Golongan tersebut akan dilumpuhkan panca inderanya. Sehingga mereka tidak dapat menerima manfaat atau mendapatkan kenikmatan.

Ustadz Marwan Hadidi bin Musa dalam Tafsiril Qur'an mengatakan makna kafir adalah orang-orang yang senantiasa mengingkari apa yang Allah turunkan. Mereka akan terus menerus menolak apa yang diberitahukan kepadanya. Sampai diperingatkan dengan azab sekalipun tetap tidak akan berpindah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sementara itu dalam Tafsir Ringkas Kementerian Agama RI Surat Al-Baqarah Ayat 6 seorang mukmin akan bersikap kebalikan dari orang kafir. Karena keengganan menerima kebaikan dan kesombongan akibatnya hati dan akal pikiran.

Bagi orang kafir, engkau beri peringatan, berupa ancaman siksa dari tuhanmu, atau tidak engkau beri peringatan, mereka tidak akan beriman sebab mereka lebih memilih jalan kebatilan.

Mereka telah ingkar serta menutup diri dari kebenaran. Allah seakan-akan mengunci hati mereka dengan sekat dan tutup yang sangat rapat. Akhirnya, hidayah dan nasihat tidak ada yang masuk.

Pada pendengaran, Allah akan lumpuhkan organ yang berhubungan dengannya. Mengapa seperti itu? Karena mereka enggan mendengarkan kebaikan. Begitu juga dengan penglihatan. Orang kafir tidak dapat melihat tanda-tanda kekuasaan Allah yang mengarah kepada keimanan.

Pada waktunya orang-orang kafir itu akan mendapatkan azab yang amat pedih. Itulah kandungan dari Surat Al Baqarah Ayat 6. Semoga Allah Subhanahu wa ta'ala senantiasa menjaga kaum Muslimin dari kekufuran.

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini