Share

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 36: Allah Ta'ala Tidak Menyukai Orang yang Sombong dan Membanggakan Diri

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 27 Mei 2022 08:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 26 330 2600888 tafsir-surat-an-nisa-ayat-36-allah-ta-ala-tidak-menyukai-orang-yang-sombong-dan-membanggakan-diri-wEshUm8aX5.jpg Ilustrasi tafsir Alquran Surat An-Nisa Ayat 36. (Foto: Freepik)

SURAT An-Nisa Ayat 36 membahas tentang beribadah dengan penuh keikhlasan hati, mengakui keesaan Allah Subhanahu wa ta'ala dan tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu, itulah kewajiban seseorang kepada Allah Ta'ala.

Dengan kata lain, ibadah dan mengesakan Allah Subhanahu wa ta'ala merupakan hak-hak Allah Ta'ala yang menjadi kewajiban manusia untuk menunaikannya.

Melakukan ibadah kepada Allah Subhanahu wa ta'ala tampak dalam amal perbuatan setiap hari, seperti mengerjakan apa yang telah ditetapkan oleh Rasulullah dan telah dicontohkannya, seperti salat, puasa, zakat, haji dan lain-lainnya, dinamakan ibadah khusus.

Info grafis sunah-sunah di hari Jumat. (Foto: Okezone)

Surat An-Nisa terdiri dari 176 ayat dan tergolong surah Madaniyyah. Berikut isi Surat An-Nisa Ayat 36 beserta tafsirannya:

وَاعْبُدُوا اللّٰهَ وَلَا تُشْرِكُوْا بِهٖ شَيْـًٔا وَّبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا وَّبِذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَالْجَارِ ذِى الْقُرْبٰى وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْۢبِ وَابْنِ السَّبِيْلِۙ وَمَا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُوْرًاۙ - ٣٦

Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat-baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Tafsir Kementerian Agama RI

Ayat-ayat di atas yang berbicara tentang aturan dan tuntunan kehidupan rumah tangga dan harta waris, memerlukan tingkat kesadaran untuk mematuhinya.

Ayat ini menekankan kesadaran tersebut dengan menunjukkan perincian tempat tumpuan kesadaran itu dipraktikkan. Dan sembahlah Allah Tuhan yang menciptakan kamu dan pasangan kamu, dan janganlah kamu sekali-kali mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun.

Dan berbuat baiklah dengan sungguh-sungguh kepada kedua orang tua, juga kepada karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh walaupun tetangga itu nonmuslim, teman sejawat, ibnu sabil, yakni orang dalam perjalanan bukan maksiat yang kehabisan bekal, dan hamba sahaya yang kamu miliki.

Sungguh, Allah Subhanahu wa ta'ala tidak menyukai dan tidak melimpahkan rahmat dan kasih sayang-Nya kepada orang yang sombong dan membanggakan diri di hadapan orang lain.

Demikian tafsir Surat An-Nisa Ayat 36, semoga memberikan manfaat. Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini