Share

MUI: Selamat Jalan Buya Syafii Maarif, Semoga Semua Amal Ibadah Diterima Allah Ta'ala

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 27 Mei 2022 13:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 27 614 2601203 mui-selamat-jalan-buya-syafii-maarif-semoga-semua-amal-ibadah-diterima-allah-ta-ala-seu42ZRaAT.jpg Waketum MUI KH Anwar Abbas sangat berduka atas wafatnya Buya Syafii Maarif. (Foto: Istimewa/Dok Sindonews)

WAKIL Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Anwar Abbas sangat berduka atas wafatnya Buya Syafii Maarif, mantan ketum PP Muhammadiyah. Ia menyatakan Buya Syafii Maarif meninggal di hari Jumat yaitu satu hari yang baik karena merupakan sayyidul ayyam atau penghulunya hari.

KH Anwar Abbas mengungkapkan, di matanya sosok Buya Syafii Maarif adalah tokoh yang tidak pernah mengenal istilah lelah untuk berpikir dan berbuat bagi umat dan bangsa, sehingga banyak orang memberinya gelar "Bapak Bangsa".

Baca juga: Breaking News: Eks Ketum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif Meninggal Dunia 

"Saya rasa gelar itu memang sangat patut disandangkan kepada diri beliau karena memang hari-harinya diisi untuk kepentingan umat dan bangsanya," ungkap KH Anwar Abbas dalam keterangannya yang diterima Okezone, Jumat (27/5/2022).

Ia melanjutkan, Buya Syafii Maarif boleh dikatakan sebagai tokoh yang langka karena dikenal sebagai tidak haus harta dan kekuasaan. Hidup Buya Syafii Maarif boleh dikatakan terbilang sederhana sehingga banyak orang yang terkejut bila berhadapan dengannya.

Buya Syafii Maarif. (Foto: Okezone)

"Banyak tokoh yang dekat dengan beliau mengingatkan siapa saja yang ingin bertemu dengan beliau jangan coba-coba untuk merayu beliau dengan uang dan kemewahan. Barang siapa yang mencoba-coba melakukannya maka pasti akan kena semprot dari beliau," terang KH Anwar Abbas.

Di samping itu, lanjut dia, Buya Syafii Maarif juga dikenal sebagai tokoh yang tidak haus dengan kekuasaan. Mengiming-imingi beliau dengan hal itu jelas akan sia-sia dan tidak akan mempan.

Baca juga: Kisah Mualaf Mantan Tentara Amerika: Alami Cobaan Masuk Penjara hingga Mantap Jadi Ustadz 

Buya Syafii Maarif hidup dengan berprinsip. Nilai-nilai dari ajaran agamanya tampak sangat kental mewarnai sikap dan kepribadiannya. Oleh karena itu, bila Buya Syafii Maarif melihat sesuatu kebenaran maka tidak takut untuk menentang arus.

Bagi Buya Syafii Maarif, jelas KH Anwar Abbas, apa yang dianggap benar ya disampaikannya dan kalau melihat ada sesuatu yang salah maka akan dikritik serta diluruskannya. Masalah orang mau atau tidak mau mendengar, itu menjadi urusan lain.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

KH Anwar Abbas mengatakan, kemudian dalam berjuang Buya Syafii Maarif tidak mengenal istilah mutung atau berputus asa. Dari sekian banyak yang dikagumi pada diri Buya Syafii Maarif ada kata-kata beliau yang sangat berkesan yang disampaikan beberapa tahun sebelum reformasi di Kantor PP Muhammadiyah Jakarta di depan kader-kader muda Muhammadiyah yang itu kemudian juga sering Buya Syafii Maarif ulang dalam berbagai kesempatan.

"Beliau mengingatkan kader-kader muda Muhammadiyah, yang beliau hadapi dan ceramahi dengan mengatakan, bahwa Muhammadiyah itu tidak hanya sebagai gerakan Islam, gerakan tajdid, dan gerakan dakwah amar maruf nahi munkar; tapi Muhammadiyah itu adalah juga gerakan ilmu, kata beliau," beber KH Anwar Abbas yang juga menjabat sebagai ketua PP Muhammadiyah ini.

Baca juga: Sholat Jumat di Masjid Istiqlal, Mesut Ozil Tampil Ganteng Pakai Kopiah Hitam 

"Oleh karena itu, karena ilmu itu isinya adalah kebenaran maka Muhammadiyah harus berusaha keras untuk mencari dan menggali kebenaran, kemudian menegakkan dan memperjuangkannya serta mempergunakan kebenaran tersebut dalam menjalankan aktivitas dan kegiatan pribadi dan organisasi kita, kata beliau," tambahnya.

"Oleh karena itu sebagai konsekuensi logis dari hal demikian, kata beliau, yang namanya orang Muhammadiyah itu di mana pun mereka berada mereka harus menjadi pencari dan pejuang dari kebenaran itu sendiri, kata beliau, tegas dengan memukulkan tangannya ke podium tempat beliau berbicara. Demikianlah Buya Syafii," papar KH Anwar Abbas menirukan pesan Buya Syafii Maarif.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini Jumat 27 Mei 2022M/26 Syawal 1443H 

KH Anwar Abbas menyatakan dirinya dan generasi muda yang ada di belakangnya tentu tidak lupa menyampaikan terima kasih dengan doa semoga semua dosa Buya Syafii Maarif diampuni dan semua amal ibadahnya diterima oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Aamiin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini